Aktifitas pengisian bahan bakar listrik di kawasan Senayan, Jakarta. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Gandeng NFC Indonesia, PLN Luncurkan EVDS untuk Tambah Daya hingga Beli Kendaraan Listrik

  • Volta melalui PT Energi Selalu Baru (ESB), anak perusahaan PT NFC Indonesia Tbk bekerja sama dengan PLN melakukan pengembangan dalam pembangunan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Volta melalui PT Energi Selalu Baru (ESB), anak perusahaan PT NFC Indonesia Tbk bekerja sama dengan PT PLN (Persero)  melakukan pengembangan dalam pembangunan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan adalah dengan mendirikan Electric Vehicle Digital Services (EVDS) sebagai salah satu platform layanan kendaraan listrik. Tujuannya untuk meningkatkan customer experience dengan melakukan digitalisasi dan mengintegrasikan seluruh sistem pelayanan.

Dengan adanya EVDS, masyarakat dapat langsung mendapatkan layanan informasi dan sistem transaksi di stasiun pengisian. Pelanggan juga bisa langsung melakukan transaksi charging di SPKLU yang langsung termonitor jumlah konsumsi daya.

Tak ketinggalan, bagi pemilik kendaraan listrik roda dua, EVDS juga disediakan akses langsung ke SPBKLU Volta.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan EVDS akan menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

“Masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan untuk kendaraan listrik. Ingin tambah daya, pasang baru, bahkan beli kendaraan listrik ini bisa melalui EVDS yang terintegrasi dengan PLN Mobile," kata Dharmawan dalam keterangan pers dikutip Senin 25 Juli 2022.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Energi Selalu Baru, Iwan Suryaputra menjelaskan, masuknya Volta SGB ke dalam ekosistem EVDS merupakan langkah strategis untuk terus memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik.

“Kerja sama ini juga menandai bentuk kelanjutan komitmen kami dalam mendukung, memperkuat, dan percepatan infrastruktur kendaraan listrik untuk terwujudnya penyelenggaraan transportasi energi bersih ke seluruh Indonesia,” kata Iwan.

EVDS juga terintegrasi langsung dengan PLN Mobile SuperApps yang diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan PLN.

Nantinya dalam pengembangan ini, ESB menjadi perusahaan yang menyediakan infrastruktur kendaraan listrik ramah lingkungan salah satunya dengan memanfaatkan  teknologi Sistem Ganti Baterai (SGB) yang digunakan oleh motor listrik Volta untuk memudahkan penggunanya melakukan penukaran baterai.