MIND ID
Nasional

Gandeng Perusahaan Asal Inggris Arrival, MIND ID Akan Bangun Pabrik Mikro Baterai di Indonesia

  • Holding industri pertambangan MIND ID akan menggandeng Arrival Ltd produsen kendaraan listrik asal Inggris untuk bangun pabrik mikro baterai dan mengembangkan kendaraan listrik di Tanah Air.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Holding industri pertambangan MIND ID akan menggandeng Arrival Ltd produsen kendaraan listrik asal Inggris untuk bangun pabrik mikro baterai dan mengembangkan kendaraan listrik di Tanah Air.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kabar tersebut melalui unggahan di akun media sosial pribadinya, Kamis, 6 Oktober 2022.

"BUMN terus mendorong hilirisasi sumber daya alam untuk meningkatkan nilai jual komoditas, dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan di dalam negeri," kata Erick.

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa Indonesia yang merupakan negara non-blok, punya sumber daya alam melimpah serta pasar yang besar, hal tersebut akan menjadi nilai tambah untuk berkolaborasi.

Ia menambahkan, dengan adanya kolaborasi tersebut diharapkan Indonesia bisa menjadi produsen utama baterai untuk kendaraan listrik di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, ia juga optimis pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan terus tumbuh 5% setiap tahunnya hingga 2045.

"Tak hanya mengandalkan pangan, dan energi, kini kami juga ingin membidik potensi baru yaitu alternatif pembangunan pabrik baterai untuk kendaraan listrik," sambung Erick.

Ia berharap bahwa kedepannya Indonesia bisa menjadi salah satu hub di Asia Tenggara dan banyak perusahaan global mempunyai visi serta berinvestasi di Tanah Air.