<p>Logo Shopee / Facebook @ShopeeID</p>
Nasional

Gandeng Shopee, Pemprov DKI Selenggarakan Bazaar Online Jakpreneur

  • Adapun kegiatan diselenggarakan pada 16-20 November 2020 dengan berbagai macam rangkaian kegiatan.

Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan e-commerce Shopee menyelenggarakan Bazaar Online Jakpreneur. Kegiatan ini sebagai upaya memberikan wadah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memasarkan produk usahanya.

Tema tersebut sejalan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang mewajibkan masyarakat menjaga jarak. Adapun kegiatan diselenggarakan pada 16-20 November 2020 dengan berbagai macam rangkaian kegiatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Andri Yansyah menyampaikan, tema bazaar online ini adalah ‘Bangkitkan Semangat UMKM dengan Bazaar Virtual’.

“Kegiatan ini bertujuan agar UMKM binaan Provinsi DKI Jakarta, atau yang disebut dengan Jakpreneur, tetap dapat memasarkan produk mereka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan protokol COVID-19.” Ujarnya melalui keterangan resmi, Senin 16 November 2020.

Selain itu, kata Andri, Jakpreneur juga diharapkan dapat mendorong pencapaian target pemasaran yang merupakan bagian dari kegiatan penumbuhan dan pengembangan kewirausahaan terpadu. Sebanyak 323 peserta Jakpreneur akan berpartisipasi dalam bazaa virtual ini.

Pelatihan Kewirausahaan

Ia menjelaskan, para peserta merupakan binaan Jakpreneur di Provinsi DKI Jakarta yang telah mengikuti pelatihan pengembangan kewirausahaan terpadu (PKT) di tingkat Kecamatan dengan berbagai macam komoditi seperti makanan dan minuman, fashion, serta kerajinan.

Andri berharap kegiatan ini dapat melebarkan jangkauan pemasaran dari tingkat wilayah, menuju jangkauan pemasaran nasional, hingga internasional. Di sisi lain juga sebagai ajang promosi penggunaan produk dalam negeri, khususnya produk wilayah DKI Jakarta.

“Kami juga berharap, kegiatan ini dapat membudayakan penggunaan produk dalam negeri, khususnya di Provinsi DKI Jakarta kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tertarik untuk membeli dan membantu menggerakkan roda perekonomian pelaku UMKM,” papar Andri.

Lebih lanjut, Andri bilang kegiatan bazaar online ini merupakan pilot project untuk penyelenggaraan ‘Jakpreneur Expo”’ yang akan diadakan pada 2021 mendatang.  Hingga saat ini, anggota Jakpreneur yang terdaftar sudah hampir 200 ribu wirausaha.

Shopee Indonesia

Sementara itu, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menyatakan, pihaknya sangat antusiasme dalam kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam acara Bazaar Online Jakpreneur ini.

“Senang sekali Shopee dapat melanjutkan kerja sama strategis yang terbina dengan Pemprov DKI Jakarta. Terutama dalam memajukan para pelaku UMKM di Ibu Kota,” tuturnya.

Baginya, eksposur secara digital dalam acara bazaar virtual Jakpreneur ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para UMKM binaan.

Tak hanya itu, Radityo juga berharap melalui kegiatan ini dapat menjaga roda perekonomian untuk terus berputar.