prototype SUV Hinda
Industri

Gandeng Tiga Partner, Honda Siap Terjun Ke Pasar Mobil Listrik?

  • Honda motors dikabarkan bakal memproduksi jutaan mobil listrik pada 2030. Menurut pernyataan salah satu petinggi Honda proyek ini bakal dikembangkan ber

Industri

Rizky C. Septania

TOKYO - Honda motors dikabarkan bakal memproduksi jutaan mobil listrik pada 2030. Menurut pernyataan salah satu petinggi Honda proyek ini bakal dikembangkan bersama tiga partner bisnis, salah satunya General Motors.

Mengutip Reuters pada Senin 25 April 2022, Kepala elektrifikasi Honda, Shinji Aoyama mengatakan bahwa Honda bakal memperkenalkan kendaraan listrik besutannya di Jepang pada 2024.

Kendaraan listrik besutan Honda ini merupakan jenis kendaraan listrik kecil model baru.Pada 2026, Honda bakal memperkenalkan kendaraan listrik ukuran besar di pasar Amerika Serikat.

Perlu diketahui, dua jenis kendaraan tersebut merupakan hasil kerjasama Honda dengan mitra yang berbeda.

Aoyama kembali membocorkan bahwa perusahaan partner ke-tiganya, yakni General Motors bakal bekerjasama untuk membuat kendaraan listrik ukuran sedang. Kendaraan tersebut bakal diperkenalkan ke publik pada 2027.

Sebelumnya, General Motors dan Honda telah memberitahukan bahwa keduanya akan memproduksi kendaraan listrik dengan harga lebih terjangkau dibanding produk lain.

Meski begitu, Aoyama mengatakan belum diputuskan mobil tersebut akan dipasarkan di bawah merek Honda atau General Motors.

"Kami belum memutuskan. Tapi kami akan berbagi tagihan proses manufaktur untuk  mobil yang diproduksi di pabrik Honda atau General Motors," ujarnya.

Honda mengatakan pihaknya berencana untuk membangun dua juta kendaraan listrik secara global pada tahun 2030, termasuk model menengah yang dikembangkan bersama GM.

Aoyoma mengatakan Honda menargetkan produksi Amerika Utara 750.000-800.000 kendaraan listrik pada tahun 2030.