Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo Hans Patuwo memberikan penjelasan mengenai aplikasi GoPay yang baru saja diluncurkan saat Jumpa Pers di Jakarta, Rabu 26 Juli 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Fintech

Gandeng TikTok, GOTO Rilis Layanan GoPay Later dengan Limit Pinjaman Rp10 Juta

  • Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menjalin kerja sama dengan platform raksasa media sosial asal China, TikTok, untuk menyediakan produk Buy Now Pay Later (BNPL) GoPay Later di ShopTokopedia.

Fintech

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menjalin kerja sama dengan platform raksasa media sosial asal China, TikTok, untuk menyediakan produk Buy Now Pay Later (BNPL) GoPay Later di ShopTokopedia. 

Produk GoPay Later dari ekosistem GOTO ini menawarkan limit hingga Rp10 juta dengan tenor mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Namun, limit yang ditawarkan GoPay Later ditentukan berdasarkan penilaian risiko pengguna. 

Direktur Grup GoTo, Hans Patuwo, menyatakan bahwa langkah ini merupakan kelanjutan dari kerja sama antara GoTo dan TikTok guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, termasuk menyediakan akses ke layanan keuangan.

“GoPay Later melengkapi ketersediaan GoPay sebagai metode pembayaran yang aman dan mudah di ShopTokopedia, memberikan pengguna berbagai layanan keuangan di platform ShopTokopedia dan di saat yang sama, mendorong pertumbuhan bisnis GoTo dan TikTok,” kata Hans dalam keterangan resmi, Senin, 29 Juli 2024. 

Hans menjelaskan bahwa GoPay Later merupakan layanan dari GoTo Financial, unit bisnis Financial Technology dari GoTo. Hans juga menyampaikan bahwa GoTo Financial selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dan praktik bertanggung jawab dalam memberikan layanan keuangan. 

Ini mencakup komunikasi transparan dengan konsumen, memberikan pinjaman sesuai kemampuan meminjam pengguna, dan menyediakan edukasi finansial. “GoPay Later sebagai metode pembayaran cicilan di ShopTokopedia melalui aplikasi TikTok memberikan beragam manfaat bagi pengguna, termasuk proses kredit yang simpel,” ungkap Hans.

Ia menjelaskan bahwa pengguna yang sudah menggunakan GoPay Later hanya perlu menyelesaikan verifikasi data melalui verifikasi wajah, serta produk BNPL ini tanpa minimum transaksi. Pada kuartal I-2024, bisnis pinjaman konsumen GoTo Financial memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan topline GoTo.

Tercatat, jumlah pinjaman yang diberikan (outstanding loan) GoTo, termasuk produk BNPL dan pinjaman tunai, meningkat sebesar 43% dari kuartal sebelumnya dan naik tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp2,7 triliun. 

Di sisi lain, Direktur Utama Tokopedia dan TikTok Ecommerce, Melissa Siska Juminto, menyatakan bahwa kerja sama ini bertujuan memberikan kontribusi lebih luas terhadap ekonomi digital nasional.

“GoPay Later di ShopTokopedia akan membantu kami menyediakan lebih banyak opsi pembayaran fleksibel kepada pedagang dan usaha kecil, memungkinkan mereka menawarkan pengalaman belanja yang lebih mulus kepada pelanggan mereka,” pungkasnya.

Tanggal Penting

Dari lantai bursa, pada perdagangan berjalan hari ini pukul 14:21 WIB, saham GOTO satu hari jelang rilis kinerja keuangan semester I-2024, diperdagangkan menguat tipis 1,89% ke level Rp54 per saham. 

Manajemen GOTO sebelumnya, mengumumkan bahwa paparan kinerja akan sepenuhnya dilakukan dalam bahasa Inggris. Conference call untuk membahas kinerja semester I-2024 akan dimulai pada pukul 19:00 WIB atau 30 Juli 2024 pukul 08:00 waktu Amerika Serikat bagian timur.

“Hal ini dilakukan setelah publikasi laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk periode enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2024 (semester I-2024), yang tidak diaudit dan tidak direviu, serta disusun dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia,” jelas manajemen pada Rabu, 17 Juli 2024.