UOB Indonesia, Volopay, dan Visa bekerja sama untuk luncurkan kartu kredit korporasi yang terintegrasi dengan platform manajemen keuangan.
Industri

Gandeng Visa dan Volopay, Kartu Kredit Korporasi UOB Kini Terintegrasi dengan Platform Manajemen Keuangan

  • Dengan integrasi ini, perusahaan sebagai pengguna kartu kredit korporasi UOB dapat memiliki visibilitas yang lebih besar atas sistem piutang dan utang serta dapat pula meningkatkan efisiensi dalam manajemen biaya.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank UOB Indonesia berkolaborasi dengan PT Visa Worldwide Indonesia dan PT Volopay Teknologi Indonesia untuk mengintegrasikan kartu kredit korporasi dengan platform manajemen keuangan. 

Dengan integrasi ini, perusahaan sebagai pengguna kartu kredit korporasi UOB dapat memiliki visibilitas yang lebih besar atas sistem piutang dan utang serta dapat pula meningkatkan efisiensi dalam manajemen biaya. 

Pelaku usaha yang menghubungkan kartu kredit korporat UOB dengan platform manajemen keuangan Volopay pun akan memperoleh manfaat dari alur kerja persetujuan yang lebih sederhana, manajemen faktur, integrasi akuntansi, anggaran, serta penggantian biaya. 

Proses klaim dan penerbitan kartu kredit pun akan menjadi lebih sederhana sementara risiko penyalahgunaan kartu dan pengeluaran yang berlebihan dapat diminimalisasi. 

Consumer Banking Director UOB Indonesia Henry Choi mengatakan, integrasi yang dicetuskan bersama Visa dan Volopay ini merupakan upaya untuk menciptakan proposisi nilai yang berbeda di bidang kartu komersial. 

Ia menambahkan, sebagai sebuah bank, UOB Indonesia adalah katalis dan pendorong bagi pelaku usaha untuk menjadi lebih proaktif dalam meningkatkan produktivitas melalui solusi pengelolaan biaya yang efektif. 

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendorong inovasi, meningkatkan penetrasi pasar, serta mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan," kata Henry dalam konferensi pers peluncuran Corporate Card UOB Indonesia bersama Volopay dan Visa di Jakarta, Selasa, 21 Maret 2023. 

Dalam kesempatan yang sama, Founding Member Volopay Rohit Bhageria mengatakan bahwa saat ini, Indonesia tengah bergerak cepat ke era digital. 

Akan tetapi, Volopay sendiri melihat bahwa di dalam negeri, masih ada kesenjangan dalam inklusi keuangan yang perlu ditangani, yang mana cukup banyak bisnis yang aksesnya masih terbatas dalam nenggunakan alat yang tepat untuk membuat pembayaran digital secara mudah. 

"Melalui penawaran alat keuangan yang terintegrasi dengan operasional bisnis, Volopay ingin memberdayakan berbagai bisnis di Indonesia, dimulai dari penawaran produk kartu fisik korporat," kata Rohit. 

Sementara itu, Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, pihaknya mendukung kolaborasi ini untuk menyediakan solusi yang sangat dibutuhkan pelaku, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya secara efisien. 

Kerja sama yang dijalin ini pun dikatakan Riko turut membuka akses jaringan global Visa kepada sekitar 80 juta merchant di lebih dari 200 negara. 

Selain itu, Volopay juga adalah salah satu mitra Visa yang berpartisipasi dalam program Visa Fintech FastTrack yang memungkinkan mereka menerbitkan kartu di wilayah Asia. 

"Melalui kartu korporat UOB-Volopay, kami percaya dapat membantu mendorong pertumbuhan nasabah Volopay dan meningkatkan kemampuan mereka dengan mendorong pergerakan uang digital yang semakin baik," kata Riko. 

Cara Menghubungkan Kartu Kredit UOB dengan Volopay 

Para pelaku usaha dapat menghubungkan kartu kredit korporasi UOB dengan Volopay melalui situs www.volopay.com/id-id/ dan mengisi formulir onboarding secara online

Pada tahapan tersebut, pelaku usaha pun diharuskan untuk menyerahkan dokumen bisnis seperti nomor pokok usaha (NIB), nomor pokok wajib pajak (NPWP), dan laporan mutasi bank. 

Setelah menyelesaikan penilaian kredit, pelaku bisnis dapat mengaktifkan dan melakukan transaksi dengan kartu kredit korporasi.