<p>Ilustrasi  / Telkomsel.com</p>
Nasional

Gangguan Internet Indihome dan Telkomsel Masih Terjadi di 7 Titik Ini

  • Gangguan layanan internet Indihome dan Telkomsel masih dirasakan oleh pelanggan hingga Senin, 20 September 2021 pagi di tujuh titik di Indonesia.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Gangguan layanan internet Indihome dan Telkomsel masih dirasakan oleh pelanggan hingga Senin, 20 September 2021 pagi. Sekitar tujuh titik yang disebut masih mengalami gangguan layanan internet.

Dalam keterangan resminya, manajemen Telkomsel mengatakan bahwa sejumlah titik tersebut yaitu di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara (NTT dan NTB), Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Telkomsel memastikan akan menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.Saat ini, untuk layanan telpon dan SMS masih dapat diaskes dengan normal.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yangselalu mempercapayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," tulis Telkomsel melalui akun Twitter-nya dilihat Senin pagi.

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan pada Minggu malam bahwa gangguan internet terjadi karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada Minggu sekitar pukul 17.33 WIB.

Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Gangguan itu menyebabkan penurunan kualitas layanan Telkom Group baik fixed broadband maupun mobile broadband di sejumlah titik.

"Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan Telkom Group dapat kembali normal secepatnya," katanya.

Di media sosial Twitter, warganet masih ramai mengeluhkan ketiadaan jaringan internet Indihome dan Telkomsel.

Percakapan dengan topik Telkomsel dan Indihome telah mencapai masing-masing 36,9 ribu dan 87,9 ribu di Twitter.*