<p>Ganjar Pranowo</p>
Energi

Ganjar Minta Penyelesaian Proyek Pipa Gas Cisem Dipercepat

  • Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan, proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi ruas Cirebon-Semarang (Cisem) segera dipercepat penyelesaiannya.
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta agar proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi ruas Cirebon-Semarang (Cisem) dapat segera dipercepat penyelesaiannya.

Ganjar mengatakan, proyek Cisem vital untuk menjadi magnet investasi di Jawa Tengah. Untuk itu, Ia meminta proyek yang saat ini sudah mencapai 96% untuk dipercepat.

"Proyek Cisem ini mudah mudahan nanti bisa dipercepat karena ini yang menjadi magnet investasi yang cukup besar ke Jawa tengah," kata Ganjar saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidan Perekonomian, Senin, 17 Juli 2023.

Progres Proyek

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengungkapkan, bahwa saat ini progres pembangunan pipa transmisi gas bumi Cisem Tahap I (ruas Semarang-Batang) telah mencapai 96%.

"Selanjutnya pemerintah akan melanjutkan pembangunan pipa gas Cisem Tahap II (ruas Batang-Kandang Haur Timur) setelah pembangunan pipa Cisem Tahap I rampung seluruhnya," ujarnya beberapa waktu lalu.

Pemanfaatan pipa Cisem tahap I ini telah dinanti oleh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal dengan proyeksi kebutuhan gas hingga 39,42 MMSCFD dari 26 perusahan di KEK Kendal hingga tahun 2026, Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dengan proyeksi kebutuhan gas 25,83 MMSCFD dari 14 perusahaan di KITB Fase I hingga tahun 2028, serta kawasan-kawasan industri lainnya di sepanjang pipa transmisi Cisem tahap 1.

Sementara itu, pembangunan pipa gas Cisem Tahap II (ruas Batang-Kandang Haur Timur), Tutuka mengatakan bahwa direncanakan akan dimulai pada tahun 2024 dengan biaya sekitar Rp3,3 triliun, dimana saat ini dalam tahap penyelesaian dan dimasukkan dalam APBN dengan skema multi years contract periode proyek 2024-2025. Dimana proses lelang akan dilakukan pada akhir tahun 2023 ini.

Setelah pembangunan pipa Cisem tahap I dan II selesai, Pemerintah berencana membangun ruas pipa transmisi Dumai-Sei Mangke sepanjang 400 km. Nanti jika ruas Dumai-Sei Mangke selesai, gas yang kelebihan di Jawa Timur bisa ditransfer ke Jawa Barat, bahkan sampai Arun.

Pipa transmisi ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan aksesibilitas gas bumi yang sebagian besar berasal dari lapangan gas di Jawa Timur dapat sampai ke wilayah Jawa Tengah. Pipa transmisi ini dibangun tidak hanya bertujuan untuk memfasilitasi industri, tetapi juga sebagai salah satu upaya Pemerintah untuk dapat menyediakan gas dengan harga yang terjangkau kepada masyarakat.