<p>CEO MD Pictures (kanan) Manoj Punjabi / md.manojpunjabi.com</p>
Gaya Hidup

Gandeng Platform Streaming, MD Pictures Siap Ekspansi Pasar Film Digital

  • JAKARTA – PT MD Pictures Tbk (FILM) melangkahkan kakinya ke dalam industri perfilman digital. Langkah ini diambil untuk mengimbangi banyaknya masyarakat yang beralih ke layanan online sebagai sumber hiburan. Berdasarkan studi Media Partners Asia, diketahui bahwa konsumsi video online telah melonjak lebih dari 60% dalam dua kuartal pertama tahun ini. Pertumbuhan ini akan diikuti dengan […]

Gaya Hidup
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT MD Pictures Tbk (FILM) melangkahkan kakinya ke dalam industri perfilman digital. Langkah ini diambil untuk mengimbangi banyaknya masyarakat yang beralih ke layanan online sebagai sumber hiburan.

Berdasarkan studi Media Partners Asia, diketahui bahwa konsumsi video online telah melonjak lebih dari 60% dalam dua kuartal pertama tahun ini. Pertumbuhan ini akan diikuti dengan ketersediaan konten MD Pictures yang didistribusikan melalui platform digital. Kerja sama yang telah dibangun perusahaan antara lain dengan WeTV, iflix, Viu, Netflix, dan Disney+Hotstar.

Salah satu rumah produksi film terbesar di Indonesia ini telah menyiapkan beberapa film terbarunya dalam waktu dekat. Setidaknya ada tiga karya film yang telah disiapkan, yakni Surga Yang Tak Dirindukan 3, KKN di Desa Penari, dan Asih 2. Oleh sebab itu, pihaknya menantikan bioskop agar dapat segera dibuka kembali bagi seluruh penggemar film Tanah Air.

CEO PT MD Pictures Tbk, Manoj Punjabi mengatakan pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi industri perfilman. Menurutnya, semua pihak perlu memikirkan cara untuk menanggapi hal tersebut.

“Sebagai production house terbesar di Indonesia, kami memiliki tanggung jawab untuk tetap berkarya. Saat ini MD Pictures telah membangun ekosistem yang kuat untuk mempersatukan para pihak yang terlibat dalam industri ini,” ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat 28 Agustus 2020.

Kendati telah melebarkan sayap melalui platform media streaming, sebenarnya fokus utama perusahaan adalah meluncurkan film-film box office di bioskop. Manoj mengaku sudah mempersiapkan jadwal peluncuran beberapa film dan serial melalui beberapa platform Over The Top (OTT).

Kerja Sama Dengan Disney+ Hotstar

Tanggal 10 Agustus lalu menandai awal kemitraan MD Pictures dan Disney + Hotstar. Sementara, pada tanggal 5 September nanti MD Pictures meluncurkan eksklusif premier film ‘Sabar Ini Ujian’. Film ini karya Anggy Umbara yang dibintangi oleh Vino G Bastian dan Luna Maya dan akan disajikan di platform Disney+ Hotstar.

Dalam minggu-minggu berikutnya juga akan dilanjutkan dengan premier film ‘Pelukis Hantu’ karya Arie Kriting yang dibintangi oleh Ge Pamungkas dan Michelle Ziudith. Lalu ada ‘Bidadari Mencari Sayap’ karya Aria Kusumadewa yang dibintangi Rizky Hanggono, Leony VH dan Deddy Mizwar.

“Kerja keras selama pandemi ini telah membukakan jalan untuk percepatan revolusi digital. MD Pictures sangat senang dapat membangun kemitraan yang kuat dengan Disney+ Hotstar di Indonesia,” kata Direktur Digital MD Pictures, Dave Ulmer.

Kerja Sama Dengan WeTV dan Iflix

MD Pictures juga melakukan kolaborasi dengan platform WeTV dan iflix. Perusahaan akan meluncurkan lebih dari 120 film beserta dua serial secara eksklusif di kedua platform tersebut pada akhir tahun 2020.

Kedua serial andalan MD Pictures antara lain drama romantis berjudul ‘My Lecturer, My Husband’ dibintangi oleh Reza Rahadian dan Prilly Latuconsina. Sementara satu karya lagi merupakan serial horor dalam bentuk cerita pendek, karya sutradara visioner Rizal Mantovani yang bertajuk ‘MALAPATAKA’.

“Kolaborasi dengan WeTV dan iflix dalam era revolusi digital ini merupakan langkah awal bagi MD Pictures untuk senantiasa meningkatkan level kualitas hiburan bagi generasi yang baru,” tutup Manoj.