6356d881ffcac3001876f84e.jpeg
Dunia

Gantikan Liz Truss, Crazy Rich India Jadi Perdana Menteri Inggris Pertama dari Golongan Non Kulit Putih

  • Setelah Perdana Menteri Perempuan Ketiga Inggris, Liz Truss mengundurkan diri dari tahtanya beberapa hari lalu, posisinya kini digantikan oleh Rishi Sunak
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

LONDON - Setelah Perdana Menteri Perempuan Ketiga Inggris, Liz Truss mengundurkan diri dari tahtanya beberapa hari lalu, posisinya kini digantikan oleh Rishi Sunak.

Didapuk sebagai Perdana menteri ketiga yang menjabat tahun Ini, Subak memenangi pemilihan sebagai Perdana Menteri dan memecahkan sejarah sebagai orang pemerintahan nomor satu di Inggris yang berasal dari golongan non ras kulit putih.

Ia keluar sebagai pemenang pemilihan PM Inggris Senin, 24 Oktober 2022 ketika rival satu-satunya Penny Mordaunt, mengundurkan diri dari pencalonan.

Sunak yang merupakan keturunan India diketahui sebagai mantan menteri keuangan Inggris pada Eera kepemimpinan PM sebelum Liz Truss, Boris Johnson.  Di Era Johnson, Sunak merupakan salah satu menteri yang bisa dibilang cukup populer.

Namanya terus meroket setelah dirinya menjadi salah satu menteri pertama di kabinet yang menyatakan mundur dari jabatan sebagai bentuk protes terhadap Johnson. Waktu itu, Sunak menyebut bahwa Ia tak lagi punya alasan untuk berada di kabinet Johnson.

Ia menilai saat itu bahwa pemerintah, khususnya Johnson sudah tidak bisa dipercaya setelah rentetan skandal yang menerpa eks PM Inggris itu mencuat ke permukaan.

Aksinya mundur dari kabinet kala itu memancing sembilan orang menteri lain dari kabinet Johnson ikut mengundurkan diri. Mengutip Insider, pengunduran diri juga diikuti oleh puluhan pejabat lainnya yang tak puas dengan kepemimpinan Johnson.

Dalam karir politiknya, Sunak dinilai sebagai ahli kebijakan yang berorientasi pada detail. Politikus keturunan India-Afrika Timur itu juga tercatat sebagai pendukung kuat Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit).

Sunak juga menjadi salah satu politikus Inggris yang populer di media sosial. Karena aktivitasnya di medsos yang terkenal ramah, Sunak pun mendapat julukan media "Rishi Dishy".

Crazy Rich India

Tak hanya di Inggris, Sunak rupanya merupakan sosok yang terkenal di India. Istrinya, Akhshata Murty adalah putri dari salah taipan India, Narayana Murthy.

Sebagai informasi, keluarga Narayana Murthy merupakan seorang miliarder India sekaligus salah satu pendiri grup teknologi informasi, Infosys.

Pada awal tahun ini, salah satu koran Inggris, Sunday Times Rich List memasukkan Sunak dan Murty sebagai 250 orang paling tajir di Inggris. Berdasarkan perkiraan pasangan itu memiliki kekayaan senilai US$826 juta atau Rp12,8 triliun (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS).