Gantikan Password, Google Akan Jadikan Passkey Sebagai Metode Sign In Default
Tekno

Gantikan Password, Google Akan Jadikan Passkey Sebagai Metode Sign In Default

  • Simak penjelasan mengenai passkey Google sekaligus cara mengatur passkey untuk akun Google Anda.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Google telah mengumumkan bahwa passkey akan segera menjadi metode sign in atau masuk ke akun secara default untuk semua penggunanya. Itu artinya, penggunaan password akan segera berakhir.

Google juga meminta pengguna akun untuk membuat passkey untuk akun mereka secara default sehingga mereka tidak perlu lagi mencari proses penyiapan secara manual di pengaturan akun mereka.

Apa Itu Passkey dari Google?

Passkey adalah alternatif dari password yang lebih aman dan nyaman. Passkey memungkinkan pengguna untuk masuk ke aplikasi dan website menggunakan sensor biometrik seperti pengenalan wajah atau sidik jari, pola, atau PIN, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengingat password untuk masuk ke setiap akun.

Anda juga tidak perlu khawatir, password tidak akan hilang secara tiba-tiba di mana Google mengatakan bahwa password masih dapat menjadi bagian dari kehidupan kita saat ini sambil melakukan perubahan.

Pengguna masih dapat menggunakan password tradisional untuk masuk ke akun mereka dan juga dapat memilih untuk menonaktifkan opsi ‘skip password when possible’ jika pengguna tidak ingin menggunakan passkey. Product Manager Google yaitu Christian Brand dan Sriram Karra menyatakan bahwa passkey sekarang akan menjadi opsi default di akun Google pribadi. 

Alasan Mengapa Kita Harus Aktifkan Google Passkey

Mengaktifkan Google Passkey adalah langkah yang tepat untuk dilakukan bagi pengguna dan pengembang atau developer. Alasannya yaitu passkey dapat mengurangi rasa kesal pengguna dalam pengelolaan password dan menawarkan cara yang lancar, aman, dan nyaman untuk mengakses layanan online. Passkey juga secara signifikan mengurangi nilai data di server, sehingga kurang menarik bagi penjahat dunia maya. Passkey juga memberikan perlindungan yang kuat terhadap serangan phishing.

Selain itu, passkey membuat segala proses jadi lebih cepat dan aman daripada menggunakan password biasa dan metode otentikasi OTP. Jadi, dengan menggabungkan semua metode keamanan ini, mengaktifkan passkey menjadi lebih masuk akal.

Cara Mengatur Passkey untuk akun Google Anda

Untuk memulai mengatur passkey Google, Anda bisa mengunjungi g.co/passkeys. Passkey dapat didaftarkan secara otomatis jika Anda memiliki ponsel Android yang sudah sign in ke akun Anda. Untuk menggunakan passkey, ketuk ‘Use passkeys’. Untuk membuat kunci sandi, ketuk ‘Create a passkey’ dan ikuti instruksinya.

Passkey kabarnya tersedia untuk aplikasi Google seperti YouTube, Search, dan Maps. Kini, Uber dan eBay telah mengaktifkan kunci sandi di platform mereka, di antara platform lainnya, sehingga memberikan pengguna opsi untuk menghindari penggunaan password saat sign in. Selain itu, dalam waktu dekat rencananya WhatsApp juga akan mendukung passkey.

Itu tadi penjelasan mengenai passkey Google sekaligus cara mengatur passkey untuk akun Google Anda.