Dunia

Gara-Gara Inflasi! Penguin di Kebun Binatang Jepang Puasa Makan Enak

  • Lantaran mahalnya harga ikan kembung, pengelola kebun binatang mengganti alternatif makanan pinguin dengan ikan Saba atau Makarel yang berharga lebih murah
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TOKYO- Sekelompok penguin di kebun binatang Hakone, Jepang menjadi salah satu pihak yang terdampak kenaikan inflasi yang saat ini tengah melanda dunia.

Biasanya, pengurus kebun binatang Hakone memberikan para penguin makanan berupa Aji atau dikenal sebagai ikan kembung.

Namun, lantaran mahalnya harga ikan kembung, pengelola kebun binatang mengganti alternatif makanan pinguin dengan ikan Saba atau Makarel yang berharga lebih murah.

Berdasarkan keterangan dari pengelola kebun binatang, harga ikan kembung telah meningkat 20% hingga 30% sejak tahun lalu.

Sayangnya, penggantian jenis makanan ini tak membuat penguin tersebut senang. Dalam sebuah tayangan video yang beredar di TV lokal setempat, seekor penguin yang disodorkan ikan makarel untuk makanan tampak tak senang dan memalingkan wajahnya.

Mengutip CNN pada Kamis, 21 Juli 2022, pengurus kebun binatang telah berkreasi dengan mencampur ikan Kembung dan Makarel sebagai makanan hewan kutub tersebut. Ternyata, siasatnya berhasil.

“Idealnya, mereka ingin memiliki Aji penuh, tetapi mereka dengan sabar makan makarel,” kata penjaga kebun binatang, Hiroki Shimamoto seperti dikutip TrenAsia.com.

Perlu diketahui, inflasi membuat kebun binatang Hakone memangkas biaya dengan mengurangi jumlah pompa sirkulasi dari dua menjadi satu, yang telah mengurangi tagihan listriknya sebesar 40% menjadi 50%.

Hal ini dilakukan lantran pihak pengelola kebun binatang tak mau menaikkan harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut meski mereka bisa melakukannya.

"Kami ingin melakukan yang terbaik untuk menjaga fasilitas kami menjadi tempat yang nyaman bagi para tamu untuk dikunjungi. Kami tidak berencana menaikkan harga tiket masuk," kata Shimamoto.