Dunia

Gara-Gara Minum Air Suci Sungai Bein, Politisi India Dilarikan ke Rumah Sakit

  • PUNJAB- Seorang Politisi sekaligus Gubernur Wilayah Punjab, Bhagwant Mann harus dilarikan ke rumah sakit setelah meminum segelas air suci.Mengutip informasi med
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

PUNJAB- Seorang Politisi sekaligus Gubernur Wilayah Punjab, Bhagwant Mann harus dilarikan ke rumah sakit setelah meminum segelas air suci.

Mengutip informasi media setempat, Mann tampak meminum segelas air suci yang berasal dari Bein, Sungai yang dianggap suci bagi kaum Sikh di India.

Mann meminum air tersebut lantaran ingin menunjukkan bahwa air yang dianggap suci itu aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, kenyataan berkara sebaliknya. Sebab, saat ini air tersebut sudah tercemar.

Sebagai informasi, Aksi Mann ini dilatarbelakangi oleh keinginannya menunjukkan efektifitas proyek yang sudah berlangsung 22 tahun lalu untuk membersihkan sungai yang tercemar, termasuk sungai suci.

Meski Mann dilarikan ke rumah sakit setelah mengkonsumsi air suci dari sungai Bein, pemerintah setempat berdalih bahwa Mann bukan dilarikan ke rumah sakit lantaran meminum air suci.

Mengutip Insider Minggu, 24 Juli 2022, Mann melakukan pemeriksaan rutin di Rumah sakit dan tak ada kaitannya dengan meminum air suci.

Perlu diketahui, Kali Bein dianggap suci karena diyakini bahwa pendiri Sikhisme, Guru Nanak, mandi di airnya dan mendapat pencerahan di sana.

Pada tahun 2000, pemerhati lingkungan Baba Balbir Singh Seechewal memimpin kampanye untuk melihat saluran air yang sangat tercemar dibersihkan.