<p>Emiten pertambangan batu bara milik konglomerat Sudwikatmono PT Indika Energy Tbk (INDY) saat RUPST 2018 / Foto: Dok. Indika Energy</p>
Korporasi

Garap Bisnis Motor Listrik, Indika Energy (INDY) Diguyur Rp109,9 Miliar dari Alpha JWC dan Horizons

  • PT Indika Energy Tbk (INDY) meraih suntikan dana dari Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures untuk mengembangkan motor listrik di Indonesia melalui pendirian anak usaha baru bernama PT Ilektra Motor Group (IMG).
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten tambang batu bara milik konglomerat Sudwikatmono, PT Indika Energy Tbk (INDY) meraih suntikan dana dari Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures untuk mengembangkan motor listrik di Indonesia melalui pendirian anak usaha baru bernama PT Ilektra Motor Group (IMG).

Direktur Indika Energy Purbaja Pantja mengungkapkan bahwa nilai investasi tersebut senilai US$7,5 juta atau setara Rp109,90 miliar (asumsi kurs Rp14.653 per dolar Amerika Serikat). 

Nilai itu setara dengan 21,4% dari kepemilikan saham di IMG. Sedangkan, PT Solusi Mobilitas Indonesia yang merupakan entitas anak INDY memiliki porsi kepemilikan saham sebanyak 78,6%.

Transaksi tersebut ditandatangani pada 19 Mei 2022. Dalam kerja sama ini, IMG akan berperan sebagai perusahaan ventura sekaligus induk usaha bisnis kendaraan listrik roda dua. 

“Baru-baru ini ditandatangani terkait partnership dengan Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures dalam IMG untuk mengembangkan motor listrik,” ujarnya dalam paparan publik Indika Energy yang digelar Jumat, 20 Mei 2022.

Purbaja menjelaskan bahwa saat ini status investasi masih bersifat utang sebelum nantinya akan dikonversi dalam kepemilikan saham. Bersamaan dengan itu, perseroan turut melakukan investasi tambahan sebesar US$7,5 juta. Dengan begitu, total investasi di IMG mencapai US$15, juta.

Selain kerja sama itu, perseroan juga menjajaki kerja sama dengan PT Industri Baterai Indonesia (IBC), Foxconn, dan Gogoro Inc untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

“Alpha JWC dan Horizons adalah dua venture capital terkemuka. Bisa dilihat pula pengalaman mereka selama ini, terutama di kawasan Asia Tenggara,” pungkasnya.