<p>Gedung Waskita Heritage dikawasan MT Haryono, Jakarta Selatan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Garap Infrastruktur RI, BUMN Waskita Karya Gandeng BUMN China

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah menandatangani Master Agreement bersama China Communications Construction Company Co. Ltd (CCCC). Perjanjian ini dalam rangka pembentukan aliansi strategis pembangunan infrastruktur transportasi dan industri lainnya di Indonesia.

Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten pelat merah PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah menandatangani Master Agreement bersama China Communications Construction Company Co. Ltd (CCCC). Perjanjian ini dalam rangka pembentukan aliansi strategis pembangunan infrastruktur transportasi dan industri lainnya di Indonesia.

Kerja sama antara kedua perusahaan mencakup pengembangan infrastruktur transportasi dan industri lainnya seperti proyek tol Kayu Agung – Palembang – Betung, tol Ciawi – Sukabumi, Pipa Distribusi BBM Cikampek – Plumpang, Revetment Pelabuhan Benoa Bali, serta beberapa proyek infrastruktur lainnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan bahwa sektor konstruksi harus terus berjalan. Bukan hanya untuk memperkuat konektivitas dalam negeri, tetapi sebagai salah satu aktivitas penggiat ekonomi yang akan membantu Indonesia tumbuh di tengah pandemi.

“Bagaimanapun, kita harus bisa keluar dari krisis akibat pandemi dan tetap memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak,” ujarnya di Jakarta, Minggu 6 Juni 2021.

Sementara itu, Direktur Utama Waskita, Destiawan Soewardjono menyebut kerja sama ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk menciptakan potensi pertumbuhan bisnis yang positif pascaprogram vaksin COVID-19.

“Melalui sinergi dengan pengembang infrastruktur besar seperti CCCC, maka keuntungannya tidak hanya memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan, tapi juga membawa manfaat bagi negara dan masyarakat,” kata dia.

Destiawan bilang, pihaknya akan mengeksplorasi lebih banyak peluang pembangunan infrastruktur yang dapat disinergikan dengan mitra asing seperti CCCC maupun partner strategis lainnya.

Sebagai informasi, CCCC merupakan BUMN China yang bergerak di bidang investasi, desain, konstruksi, dan infrastruktur transportasi. Per 31 Desember 2020, CCCC tercatat memiliki aset dengan total nilai mencapai US$204 miliar. (SKO)