<p>Emiten properti PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) / Suryainternusa.com</p>
Korporasi

Garap Proyek Subang Metropolitan, SSIA Kantongi Dana Rp562 Miliar dari Divestasi 2 Perusahaan

  • PT Surya Semesta Internusa (SSIA) mengantongi dana Rp562,17 miliar setelah melepas seluruh kepemilikan saham di dua perusahaan.
Korporasi
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Surya Semesta Internusa (SSIA) mengantongi dana segar Rp562,17 miliar setelah melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT SLP Surya Ticon Internusa (SLPSTI) dan PT Surya Internusa Timur (SIT).

Presiden Direktur SSIA Johannes Suriadjaja mengatakan pelepasan kepemilihan saham SSIA di kedua perusahaan menjadi salah satu strategi mempercepat pengembangan Subang Metropolitan yang menjadi fokus utama perseroan.

"Kegiatan ini bukan transaksi terafiliasi dan tidak termasuk transaksi material karena nilai transaksi di bawah ambang batas yang ditentukan," kata Johannes dalam keterangan resmi, Selasa, 7 Juni 2022.

Johannes menjelaskan penjualan saham yang dimilik di SLPSTI sebesar 23.200.000 lembar saham atau dengan nilai nominal sebesar Rp301.600.000.000,00 dan nilai transaksinya sebesar Rp430,58 miliar.

Sedangkan saham yang dimiliki di SIT sebanyak 1.200.000.000 saham atau dengan nominal sebesar Rp120.000.000.000,00 dan nilai transaksinya mencapai Rp131,59 miliar.

Dengan divestasi tersebut, SSIA kini tidak lagi memiliki penyertaan saham di kedua perusahaan tersebut dan sebagai gantinya mendapat tambahan dana dari hasil penjualan saham.

Di sisi lain, CEO Frasers Property Industrial (Thailand) Co. Ltd, Sopon Racharaksa menaksir bisnis persewaan pergudangan dan fasilitas pabrik akan bertumbuh di masa datang. 

Pertumbuhan tersebut berkaitan dengan pembangunan infrastruktur serta pertumbuhan industri e-commerce dan bisnis logistik di Indonesia yang telah mendorong permintaan kawasan pergudangan.