Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pada hari ini meresmikan layanan penerbangan langsung khusus kargo rute Semarang-Singapura setelah meneken kontrak dengan Pemprov Jawa Tengah, Kamis, 13 Januari 2022.
Industri

Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Kargo Semarang-Singapura

  • Garuda Indonesia meresmikan layanan penerbangan langsung khusus kargo rute Semarang-Singapura hari ini.
Industri
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) meresmikan layanan penerbangan langsung khusus kargo rute Semarang-Singapura, hari ini, 13 Januari 2022. Layanan ini terealisasi setelah meneken kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Direktur Utama Irfan Setiaputra mengatakan layanan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan untuk mengoptimalkan lini bisnis kargo melalui perluasan jaringan penerbangan internasional.

"Dengan adanya penerbangan langsung ini, harapan kami tentunya akan semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas ekspor dengan proses pengiriman melalui kargo udara yang lebih cepat," katanya di Jakarta, Kamis, 13 Januari 2022.

Dia menjelaskan, pada pengoperasian penerbangan kargo, Garuda Indonesia mengangkut berbagai komoditas unggulan Jawa Tengah berupa produk perikanan serta berbagai komoditas ekspor dan produk UMKM lainnya yang diterbangkan dengan armada Boeing B737-800NG dengan kapasitas daya angkut hingga 12 ton.

Dia berharap dengan layanan ini produk unggulan Jawa Tengah yang memerlukan kecepatan waktu dan proses pengiriman guna menjaga kualitas kesegaran komoditas dapat menghasilkan produk yang lebih kompetitif di pasar internasional.

Irfan menyampaikan penerbangan khusus kargo rute Semarang-Singapura ini dilayani sebanyak satu kali setiap minggunya dan diberangkatkan dari Bandara Ahmad Yani, Semarang, dan tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura.

"Kami optimistis perluasan jaringan penerbangan langsung khusus kargo di wilayah Jawa Tengah ini secara berkesinambungan dapat mendukung pengembangan sektor UMKM serta membawa pertumbuhan positif bagi neraca perdagangan nasional," pungkas Irfan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menyampaikan apresiasinya kepada Garuda Indonesia yang telah bekerja sama dengan Pemprov Jawa Tengah dalam mempermudah ekspor produk Jateng.

"Kami menyambut baik atas penerbangan khusus kargo yang diberangkatkan langsung dari Semarang menuju Singapura," katanya.

Dia berharap melalui ketersediaan konektivitas ini, kiranya dapat menjadi gerbang bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk semakin meningkatkan kualitas produknya agar dapat memiliki nilai daya saing di pasar global.

"Kami juga berharap ke depannya kolaborasi bersama Garuda Indonesia dapat menghasilkan berbagai terobosan baru yang dapat terus mengoptimalkan peluang perluasan jaringan penerbangan langsung dari Jawa Tengah khususnya menuju negara-negara potensial tujuan ekspor lainnya," papar Ganjar.

Sebelumnya Garuda Indonesia telah mengoptimalisasi jaringan penerbangan kargo dalam mendukung pergerakan komoditas ekspor unggulan nasional di antaranya dengan membuka rute penerbangan khusus kargo Surabaya-Makassar-Hong Kong, Denpasar-Hong Kong dan Manado-Narita.