Peran BUMN Jelan Event F1 Powerboat H20 di Kantor Kementerian BUMN pada Rabu, 8 Februari 2023.
Nasional

Garuda Indonesia (GIAA) Kerja Sama dengan Maskapai Timur Tengah? Stafsus Erick Thohir: Masih Negosiasi

  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) disebutkan telah mendapat komitmen investasi asing dari maskapai asal Timur Tengah.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) disebutkan telah mendapat komitmen investasi asing dari maskapai asal Timur Tengah. Rencana ini seiring dengan upaya restrukturisasi perseroan setelah lolos dari sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga turut menanggapi hal tersebut. Menurutnya saat ini pembahasan dan negosiasi masih berlangsung antara Garuda Indonesia dengan pihak investor asing.

"Kalau lagi negosiasi itu kan enggak boleh terlalu terbuka juga, nanti bisa berubah-berubah kan kita enggak enak. Jadi tunggu saja," katanya kepada awak media di kantor Kementerian BUMN, Rabu, 8 Februari 2023.

Namun sayangnya Arya tidak mengungkap siapa investor asing tersebut. Selain itu Garuda Indonesia juga membuka opsi lain komitmen pendanaan tidak hanya dari investor asing, melainkan dari investor domestik untuk pengembangan operasional perusahaan.

"Pokoknya semua kita buka, mau lokal kita buka kalau ada nasional nih yang mau masuk silakan mau internasional mengembangkan Garuda lebih punya jaringan lebih baik lagi," tambahnya.

Sebelumnya, isu terkait investor asing Garuda Indonesia berasal dari Menteri BUMN Erick Thohir. Ia menyebut ada dua calon investor asing yang merupakan maskapai internasional terkemuka asal Uni Emirat Arab (UEA).

Namun saat itu Erick Thohir belum banyak membuka suara, karena ingin fokus terhadap proses restrukturisasi perseroan. Hingga Kini Garuda Indonesia telah melakukan restrukturisasi setelah lolos dari sidang PKPU.