Gaun Yang Dikenalan Putri Diana Saat Berdansa dengan Travolta Gagal Terjual
Gaya Hidup

Gaun Yang Dikenalan Putri Diana Saat Berdansa dengan Travolta Gagal Terjual

  • London-Gaun malam beludru yang dikenakan Putri Diana ketika ia berdansa dengan John Travolta pada jamuan makan malam kenegaraan Gedung Putih tahun 1985 gagal terjual di pelelangan yang digelar Senin (8/12), meskipun dua dari gaunnya yang lain terjual dengan harga di atas yang diperkirakan. Pakaian yang dibuat Victor Edelstein ini adalah salah satu gaun yang paling […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

London-Gaun malam beludru yang dikenakan Putri Diana ketika ia berdansa dengan John Travolta pada jamuan makan malam kenegaraan Gedung Putih tahun 1985 gagal terjual di pelelangan yang digelar Senin (8/12), meskipun dua dari gaunnya yang lain terjual dengan harga di atas yang diperkirakan.

Pakaian yang dibuat Victor Edelstein ini adalah salah satu gaun yang paling dikenal yang pernah dipakai oleh Diana, yang meninggal pada tahun 1997.

Gaun itu, yang ditawarkan sebagai bagian dari penjualan “Passion for Fashion” oleh Kerry Taylor Auctions di London, diperkirakan memiliki banderol harga 250.000-300.000 poundsterling atau sekitar Rp4,6- Rp7,1 miliar. Namun gagal mencapai angka-angka itu selama penawaran langsung.

Sebelum penjualan, juru lelang Kerry Taylor mengatakan kepada Reuters bahwa ada minat pembeli dari Inggris dan Amerika Serikat. Dia mengatakan gaun itu sebelumnya telah dibeli pada tahun 2013 seharga 200.000 poundsterling atau sekitar Rp3,7 miliar oleh seorang pria romantis yang ingin membahagiakan istrinya.

“Tapi sejak itu gaun menghabiskan sebagian besar waktunya terkunci di lemari dan sekarang pasangan tersebut ingin ini keluar ke domain publik.”

Dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Entertainment minggu lalu, Travolta mengatakan dia gugup ketika dia dan Diana turun ke lantai.

“[Saya pikir] saya harus kembali ke masa sekolah saya belajar dansa ballroom,” kata bintang “Grease” dan “Saturday Night Fever” tersebut.

“Saya tidak tahu sampai saya tiba di sana bahwa saya harus berdansa dengannya … [Diana tidak tahu bahwa [waktu itu Ibu Negara Amerika] Nancy Reagan belum memberi tahu saya bahwa ini rencananya, bahwa Saya adalah Prince Charming malam ini. “

Dua gaun Diana yang dijual adalah gaun malam beludru biru Katherine Cusack yang dijual dengan harga 48.000 poundtersling atau sekitar Rp885 juta  di atas perkiraan 20.000 – 30.000 poundsterling – dan pakaian pendek angkatan laut Catherine Walker, yang dibanderal 4.000 – 6.000 poundsterling tetapi bisa terjual 28.000 poundstelring atau sekitar Rp516 juta.