Kapolri , Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan persnya usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin 11 Desember 2023.
Nasional

Gelar Operasi Lilin, Polri Terjunkan 129 Ribu Personel

  • Polri bakal menggelar operasi lilin dalam rangka mengamankan pegerakan masyarakat yang diprediksi mencapai 107 juta orang saat momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Polri bakal menggelar operasi lilin dalam rangka mengamankan pegerakan masyarakat yang diprediksi mencapai 107 juta orang saat momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). 

Hal ini disampaikan oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan persnya usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin 11 Desember 2023. “Ini harus kita kelola dengan baik sehingga didalam proses perjalanannya betul-betul bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden. 

Oleh sebab itu, Polri akan menyiapkan operasi untuk mengamankan dan mengawal rangkaian kegiatan Nataru melalui operasi lilin pada 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Kapolri menjelaskan operasi tersebut bakal melibatkan ratusan ribu personel dari berbagai unsur. “Kegiatannya melibatkan 129.923 personel, baik Polri, TNI, maupun seluruh stakeholder terkait,” paparnya. 

Polri juga melaksanakan kegiatan lainnya dalam mendukung dan menjaga keamanan arus hilir mudik masyarakat pada libur tersebut. “Kita akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari pengaturan kontra flow sampai dengan one way,” lanjut Kapolri. 

Dirinya menjelaskan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut telah didasarkan pada rumus traffic accounting yang telah dicoba pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri lalu. Terkait perayaaan Hari Raya Natal yang bakal digelar oleh umat Nasrani pada 25 Desember 2023 mendatang, Polri juga melakukan pengamanan. 

“Baik pada malam 25, tanggal 25, ataupun hari lain yang akan digunakan untuk melaksanakan perayaan Natal dan ibadah,” paparnya. Kapolri menjelaskan bahwa akan ada personel yang mengamankan serta melakukan strerilisasi tempat ibadah yang akan digunakan oleh umat Nasrani.

Kapolri juga mengatakan bakal memfasilitasi Umat Nasrani yang tidak memiliki tempat untuk merayakan perayaan Natal. “Kewajiban dari Forkominda dan pemeritah daerah untuk memfasilitasi,” kata Kapolri. 

Dirinya berharap pelaksanaan perayaan Hari Raya Natal dan libur Nataru  yang berbarengan dengan kampanye ini dapat berjalan dengan lancar. Terkait antisipasi kenaikan bahan pokok dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM), Kapolri secara khusus bersama PT Pertamina telah membentuk satgas khusus untuk menangani hal tersebut.

Soal kebencanaan, Polri juga membentuk satgas khusus untuk penanganan bencana bersama TNI, BNPB dan stakeholder lainnya. “Siap memberikan bantuan pertama saat terjadi bencana pada wilayah-wilayah yang terdampat,” pungkas Kapolri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Sidang Kabinet Paripurna bersama jajaran para menteri Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga negara lainnya di Istana Negara, Senin 11 Desember 2023. 

Pembahasan dalam sidang tersebut meliputi perekonomian Indonesia terkini, evaluasi program dan kegiatan di tahun 2023, serta persiapan jelang libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).