<p>Sumber: Istimewa</p>
Nasional

Gelar Program Creative Business Incubator, Kemenperin Dukung Industri Kreatif

  • Sektor industri kreatif menunjukkan kinerja yang mengesankan pada triwulan III-2023. Realisasi nilai tambah dari industri kreatif mencapai Rp1,05 triliun, atau sekitar 82,1 persen dari target tahun 2023 sebesar Rp1,28 triliun.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

DENPASAR - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) telah meluncurkan Program Creative Business Incubator (CBI) di Bali Creative Industry Center (BCIC). 

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung dan mengembangkan industri kreatif di Indonesia, terutama di bidang fesyen dan kriya.

Program CBI berhasil menarik partisipasi 60 peserta dari 17 provinsi dan 47 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini menunjukkan potensi besar dari industri kreatif di tanah air. Para peserta terlibat dalam serangkaian kegiatan yang meliputi strategi bisnis, pemasaran, manajemen keuangan, operasi, dan layanan standar industri, dengan fokus pada pengembangan rencana bisnis yang dapat menarik minat investor.

“kami harap pembinaan yang kami berikan melalui program ini dapat menggugah peserta agar dapat menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh, menjaga jaringan informasi dan komunikasi antar peserta dan narasumber, serta menjadi penggerak ekonomi di tengah masyarakat dan menjadi contoh bagi pelaku industri fesyen dan kriya,” ungkap Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita, Dilansir Siaran Pers, Selasa, 12 Desember 2023.

Sektor industri kreatif menunjukkan kinerja yang mengesankan pada triwulan III-2023. Realisasi nilai tambah dari industri kreatif mencapai Rp1,05 triliun, atau sekitar 82,1 persen dari target tahun 2023 sebesar Rp1,28 triliun. 

Ekspor dari sektor ini juga mencatat nilai Rp17,4 triliun pada periode yang sama. Subsektor fesyen memberikan kontribusi signifikan sebesar Rp9,88 triliun, sementara subsektor kriya menyumbang Rp6,26 triliun. 

Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang stabil dan kontribusi yang substansial dari industri kreatif, khususnya dalam fesyen dan kriya, dalam mendukung ekonomi Indonesia melalui ekspor.

Melalui program CBI, Kementerian Perindustrian memberikan dorongan bagi para pelaku industri kreatif untuk menjadi kekuatan yang menggerakkan ekonomi serta memperkenalkan kreativitas lokal di Indonesia. 

Peran Kementerian Perindustrian mencerminkan komitmen dalam mendukung pengembangan sektor industri kreatif yang memiliki potensi pertumbuhan besar, khususnya dalam menghadapi tantangan global. Harapannya, program ini akan terus menyumbangkan dampak positif yang substansial bagi perkembangan industri kreatif Indonesia.