Tentara dengan kendaraan lapis baja berpatroli di pusat bersejarah kota setelah pecahnya kekerasan sehari setelah Presiden Ekuador Daniel Noboa menyatakan keadaan darurat selama 60 hari (Reuters/Karen Toro)
Dunia

Gembong Narkoba Kabur dari Penjara, Ekuador Keadaan Darurat 60 Hari

  • Penyanderaan lebih dari 130 penjaga penjara dan staf, yang dimulai pada dini hari Senin,8 Januari 2024, dan pelarian pemimpin geng Los Choneros Adolfo Macias dari penjara selama akhir pekan mendorong Noboa untuk mengumumkan keadaan darurat selama 60 hari.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Presiden Ekuador, Daniel Noboa, menyatakan pada Rabu, 10 Januari 2024, bahwa negaranya sedang berperang dengan geng narkoba yang menyandera penjaga penjara. Insiden itu terjadi di tengah lonjakan dramatis dalam kekerasan yang membuat orang-orang bersenjata mengambil alih siaran langsung TV dan ledakan di beberapa kota.

Noboa pada hari Selasa menetapkan 22 geng sebagai organisasi teroris, menjadikannya target militer resmi. Presiden yang mulai menjabat pada November berjanji untuk mengatasi masalah keamanan yang semakin meningkat akibat naiknya geng peredaran narkoba yang mengangkut kokain melalui Ekuador.

“Kami sedang berperang dan kami tidak bisa menyerah dalam menghadapi kelompok teroris ini,” kata Noboa kepada stasiun radio Canela Radio, Rabu. Dia memperkirakan sekitar 20.000 anggota geng kriminal aktif di Ekuador.

Jalan-jalan di ibu kota Quito dan kota pelabuhan Guayaquil lebih sepi dari biasanya pada Rabu, dengan banyak bisnis tutup atau bekerja dari jarak jauh dan sekolah ditutup.

Penyanderaan lebih dari 130 penjaga penjara dan staf, yang dimulai pada dini hari Senin,8 Januari 2024, dan pelarian pemimpin geng Los Choneros Adolfo Macias dari penjara selama akhir pekan mendorong Noboa untuk mengumumkan keadaan darurat selama 60 hari.

Dia memperkuat keputusan tersebut pada Selasa setelah serangkaian ledakan di seluruh negeri dan pengambilalihan stasiun televisi TC oleh orang-orang bersenjata berpakaian balaclava secara langsung.

“Setiap upaya sedang dilakukan untuk menyelamatkan para sandera penjara,” kata Noboa, dikutip dari Reuters, Kamis, 11 Januari 2024.

“Sekitar 329 orang, sebagian besar anggota geng seperti Los Choneros, Los Lobos, dan Los Tiguerones telah ditangkap sejak keadaan darurat dimulai,” ungkap komandan angkatan bersenjata Jaime Vela pada konferensi pers pada Rabu malam.

“Tidak ada sandera yang dibunuh,” tambah Vela, menanggapi pertanyaan tentang video mengerikan yang beredar di media sosial yang memperlihatkan staf penjara menjadi sasaran kekerasan ekstrem, termasuk ditembak dan digantung.

Pemerintah mengatakan gelombang kekerasan terbaru adalah reaksi terhadap rencana Noboa membangun penjara baru dengan keamanan tinggi bagi para pemimpin geng. Noboa mengatakan kepada stasiun radio bahwa desain untuk dua fasilitas baru akan diumumkan besok.

“Segala sesuatunya mengkristal, tetapi kita harus sadar bahwa ini tidak dapat dilakukan dalam semalam,” kata Vela tentang penjara.

“Badan penjara SNAI mengatakan penjaga bertanggung jawab atas 125 sandera, sementara 14 adalah staf administrasi. Sebelas orang dibebaskan pada Selasa,” tambahnya.

Seorang jurnalis yang disandera selama pengambilalihan stasiun TC dan dipaksa dengan todongan senjata untuk tampil di depan kamera mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa pengalaman itu tidak nyata.

Repatriasi Tahanan

Noboa mengatakan negara itu akan mulai mendeportasi tahanan asing, terutama warga Kolombia, minggu ini untuk mengurangi populasi dan pengeluaran penjara.

Ada sekitar 1.500 warga Kolombia di penjara di Ekuador, dan tahanan dari Kolombia, Peru, dan Venezuela merupakan 90% dari orang asing yang dipenjara.

“Kami berinvestasi lebih banyak pada 1.500 orang itu daripada sarapan sekolah untuk anak-anak kami. Ini bukan ekstradisi, ini didasarkan pada perjanjian internasional sebelumnya,” kata Noboa.

“Hukuman Ekuador hanya akan diakui di Kolombia jika narapidana tiba melalui pemulangan resmi, disepakati dengan pihak berwenang Kolombia,” kata Menteri Kehakiman Kolombia Nestor Osuna kepada wartawan. Jika tahanan Kolombia diusir begitu saja, mereka hanya akan dipenjara jika ada dakwaan yang menunggu keputusan di dalam negeri.

“Jika ada pengusiran, kita akan melihat berapa banyak orang, jika mereka tiba di perbatasan, yang benar-benar perlu ditahan oleh otoritas Kolombia,” kata Osuna, mengungkapkan solidaritas tulusnya dengan rakyat Ekuador.

Kolombia mengatakan pada Rabu akan meningkatkan kehadiran dan kontrol militer di sepanjang perbatasannya yang hampir 600 kilometer (370 mil) dengan Ekuador.

Noboa mengatakan cara terbaik untuk menjaga ekonomi dan investasi asing adalah dengan meningkatkan keamanan dan memastikan supremasi hukum.

Pemerintah mengirimkan pasukan keamanan ke pelabuhan untuk melindungi ekspor seperti buah dan kakao, sementara kementerian energi menyatakan sektor minyak dan pertambangan berfungsi normal.

Kedutaan dan konsulat China ditutup sementara, kata China, investor utama di Ekuador. Warga yang keluar di pagi hari mengatakan rasanya seperti kembali ke penguncian pandemi.

“Mengerikan, jalanan sangat sepi,” ucap penjaga keamanan Guayaquil Rodolfo Tuaz, 40 tahun. “Ini lingkungan yang sangat dingin, seolah-olah ada COVID baru.”

Anggota Parlemen Mendukung Upaya

Anggota parlemen pada Selasa menyatakan dukungan mereka untuk angkatan bersenjata dan mendukung upaya Noboa. Noboa memiliki koalisi mayoritas di kongres, setelah partainya bersekutu dengan gerakan kiri mantan Presiden Rafael Correa dan sebuah partai Kristen.

“Saya tidak membutuhkan persetujuan mereka sekarang untuk apa yang kami lakukan. Tetapi saya telah meminta dukungan mereka,” kata Noboa, merujuk pada keputusan tersebut.

“Tantangan bagi Noboa adalah membuat kemajuan yang berkelanjutan dalam melawan kejahatan di luar upaya yang bersifat militer jangka pendek,” ujar firma konsultan Teneo dalam sebuah catatan.

Noboa bertemu dengan duta besar AS pada Selasa sore dan duta besar lainnya pada Rabu. “Amerika Serikat telah menjanjikan bantuan dalam beberapa hari,” kata Noboa. Rencana keamanannya senilai US$800 juta mencakup US$200 juta senjata dari Amerika Serikat.

Penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengutuk serangan kriminal baru-baru ini oleh kelompok bersenjata pada hari Rabu, dan mengatakan Washington bersedia mengambil langkah nyata untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Ekuador.

Menteri pertahanan Peru Jorge Chavez mengatakan kepada wartawan, negaranya sedang menyelidiki kemungkinan penyelundupan bahan peledak dan granat oleh anggota angkatan bersenjatanya yang mungkin digunakan oleh geng-geng di Ekuador. Audit peralatan selama enam bulan terakhir menentukan ada kemungkinan beberapa amunisi hilang.

Vela mengatakan dia tidak dapat memastikan apakah senjata yang digunakan dalam pengambilalihan stasiun TC adalah senjata Peru.

“Sebanyak sembilan petugas polisi telah diculik dalam beberapa hari terakhir,” kata polisi dalam sebuah pesan kepada wartawan. “Masih ada yang ditahan. Salah satu petugas dibawa dari Quito dan dua lainnya ditahan di penjara Canar.”

“Lima teroris tewas di provinsi Esmeraldas,” kata komandan polisi nasional Jenderal Cesar Zapata dalam konferensi pers, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Polisi mengatakan mereka mengidentifikasi tiga mayat yang ditemukan di sebuah mobil yang terbakar di selatan Guayaquil semalam, dan dua petugas polisi dibunuh oleh orang-orang bersenjata pada Selasa di provinsi Guayas, tempat Guayaquil berada.