Dewan Juri TrenAsia ESG Ecxellence 2022 sekaligus Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi Mas Achmad Daniri memberikan plakat penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 untuk PT Adhi Karya (Persero) dengan predikat Action di Grand Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan, Jakarta, Rabu malam, 19 Oktober 2022.
Korporasi

Gencar Bangun Proyek Hijau, Adhi Karya Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2022

  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) meraih penghargaan untuk Construction dengan predikat Action di ajang penganugerahan penghargaan TrenAsia ESG Award 2022
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) meraih penghargaan untuk Construction dengan predikat Action  di ajang penganugerahan penghargaan TrenAsia ESG Award 2022.

Corporate Secretary ADHI, Farid Budiyanto mengatakan senang dengan apresiasi yang diberikan kepada perusahaan. Hingga saat ini, perusahaan konstruksi pelat merah ini telah mengambil sejumlah langkah untuk melakukan efisiensi penggunaan energi.

“Kami berkomitmen untuk menerapkan prinsip ESG dalam setiap proyek yang kami kerjakan,” kata Farid dalam malam penganugerahan TrenAsia ESG Award 2022 di Jakarta, Rabu 21 Oktober 2022.

Proyek terbaru misalnya, perseroan segera merampungkan pembangunan refuse derived fuel (RDF) Plant Bantargebang yang akan menjadi RDF Plant terbesar di Indonesia. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah dalam mengatasi masalah sampah perkotaan dan meningkatkan sumber energi terbarukan. RDF ini diproyeksikan bisa menampung dan mengolah sampah hingga 2.000 ton/hari. 

"Progres pembangunan fisik dari RDF Plant per Oktober 2022 telah mencapai 83 persen," jelas Farid.

Selain itu, langkah yang dilakukan seperti meminimalisasi mobilitas perjalanan dinas, memaksimalkan work from home (WFH) hingga memasang panel listrik tenaga surya. Selain memasang panel listrik di kantor pusat, ADHI juga melakukan penanaman 7.314 bibit pohon, hingga melaksanakan penangkaran fauna sebanyak 80 ekor sepanjang tahun 2021.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, pemilik TrenAsia.com Sukirno mengatakan, berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” kata Sukirno di Hotel The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022 yang juga President Director PT Schroders Investment Management Indonesia, Michael T. Tjoajadi menambahkan, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG. Perusahaan-perusahaan ini disebut lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

“TrenAsia ESG Excellence 2022 menjadi wadah untuk merekam progress implementasi ESG oleh perusahaan di Tanah Air setiap tahunnya. Karena sama-sama concern dengan ESG, kami dewan juri sepakat untuk melakukan panel. Sangat bagus media TrenAsia memiliki concern dengan ESG,” kata Michael.