<p>Gedung XL Axiata. / Xlaxiata.co.id</p>
Industri

Gencar Lakukan Ekspansi Anorganik, XL Axiata Caplok 51 Persen Saham Hipernet

  • Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengumunkan tengah melakukan pengambilalihan saham PT Hipernet Indodata dalam memperluas jaringan pelanggan.
Industri
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengumunkan tengah melakukan pengambilalihan saham PT Hipernet Indodata dalam memperluas jaringan pelanggan.

Hipernet Indonesia merupakan perusahaan  sebuah perusahaan Managed Service Provider menawarkan layanan penyediaan serta pengelolaan sumber daya informasi dan teknologi baik berupa perangkat lunak dan perangkat keras (software and hardware), beserta sumber daya manusia yang dibutuhkan ataupun dimiliki oleh pelanggan. 

Dalam proses akuisisi ini, perseroan telah melakukan penandatanganan pembelian saham bersyarat pada Selasa, 22 Maret 2022 dengan PT  Bridgefield Prime Investments Pte.
Ltd., Ameisys Global Technologies Pte. Ltd., PT Mitra Indo Asia, dan PT Magna Karya Archipelago selaku pemegang saham Hipernet Indodata.

Adapun jumlah pembelian saham yang dilakukan perseroan bejumlah 51% saham HI. Angka ini setara dengan 2.805 lembar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp321,3 miliar.

Rencana pengambilalihan ini bertujuan untuk memperluas cakupan produk yang dimiliki perseroan kepada para pelanggan enterprise.

Hal ini sejalan dengan aksi perseroan yang sebelumnya telahb mengakuisisi 30,29% saham PT Link Net Tbk yang pada Januari lalu, yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja usaha perseroan, serta sebagai salah satu aksi ekpasnsi anorganik yang dilakukan perseroan.

Sementara itu, dari segi pergerakan saham, emiten dengan kode EXCL ini terkoreksi sebesar 5,59 pada dalam kurun waktu satu bulan dengan harga Rp2.270 per lembar saham hingga Rp2.700 per saham pada Rabu, 23 Maret 2022 ini.