PT Bank UOB Indonesia membagikan hasil survei Optimism Index pada 2022 di Senayan City, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.
Nasional

Generasi Apab yang Paling Optimistis Pascapandemi, Baby Boomers atau Gen Z?

  • UOB Optimism Index 2022 yang diperoleh melalui survei di lima negara ASEAN, termasuk Indonesia, memperlihatkan pertumbuhan optimisme dari setiap generasi dibanding tahun 2021.
Nasional
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Hasil survei UOB Optimism Index 2022 menunjukkan adanya kenaikan optimisme dari setiap generasi, mulai dari baby boomers hingga Gen Z, terkait dengan pemulihan aktivitas pascapandemi.

UOB Optimism Index 2022 yang diperoleh melalui survei di lima negara ASEAN, termasuk Indonesia, memperlihatkan pertumbuhan optimisme dibanding tahun 2021.

Dari hasil survei tersebut, Indonesia mencatat Indeks Optimisme sebesar 72 poin atau naik 19 poin dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, Indeks Optimisme UOB Singapura menjadi 58 dari 49, Malaysia 56 dari 42, Thailand 69 dari 57, dan Vietnam 75 dari 59.

Kemudian, dalam UOB Optimism Index ini pun tingkat optimisme pascapandemi ini pun ditinjau berdasarkan tiga aspek, yaitu “Kembalinya Kehidupan Normal”, “Kondisi Finansial Membaik”, dan “Perjalanan ke Luar Negeri”.

Para responden terdiri dari empat generasi, yaitu baby boomers, generasi X, milenial, dan Gen Z. Keempatnya mencatat besaran indeks yang berbeda-beda untuk ketiga aspek. Berikut rinciannya:

Sumber: PT Bank UOB Indonesia
Sumber: PT Bank UOB Indonesia
PT Bank UOB Indonesia

Dari grafik di atas, diketahui bahwa generasi baby boomers memiliki rasa optimis yang lebih tinggi bahwa kehidupan akan kembali normal setelah pandemi dengan indeks 97 poin.

Dalam aspek ini, baby boomers diikuti oleh generasi X dengan indeks 82 poin, milenial 78 poin, dan Gen Z 56 poin.

Sementara Gen Z tercatat memiliki indeks optimisme terendah untuk kehidupan yang normal setelah pandemi, generasi ini memiliki indeks optimisme yang tertinggi untuk kondisi finansial yang membaik setelah pandemi dengan peraihan 87 poin.

Gen Z dalam hal ini diikuti oleh generasi milenial dengan indeks sebesar 80 poin, generasi X 82 poin, dan baby boomers 72 poin.

Kemudian, optimisme paling tinggi untuk perjalanan ke luar negeri setelah pandemi berasal dari baby boomers dengan indeks 100 poin dan diikuti oleh generasi X yang mencatat level 94 poin, milenial 91 poin, dan Gen Z 82 poin.

Meninjau ketiga grafik di atas, dapat disimpulkan bahwa indeks optimisme dari setiap generasi mengalami pertumbuhan pada tahun 2022 jika dibandingkan tahun sebelumnya. 

Executive Director Cards and Payment Head PT UOB Indonesia Dewi Tuegeh mengatakan, dari lima negara asal responden survei, Indonesia dan Vietnam tercatat memiliki pertumbuhan optimisme yang paling tinggi dari tahun 2021 ke 2022.

“Dari lima negara ini, ada dua yang indeksnya cukup tinggi, yaitu Indonesia dan Vietnam. Optimism Index-nya terbaik di antara yang lain. Mungkin orang-orang Indonesia sangat percaya diri kita bisa kembali pulih setelah pandemi,” ujar Dewi dalam konferensi pers PT Bank UOB Indonesia dan PT Visa Worldwide di Senayan City, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Melihat optimisme perjalanan ke luar negeri yang cenderung bertumbuh dari setiap generasi pada tahun 2022, UOB dan Visa pun memutuskan untuk memberikan grand prize kepada dua nasabah yang beruntung untuk berangkat langsung ke Qatar dalam rangka menyaksikan pertandingan semifinal Piala Dunia 2022. 

Melalui program Shop to Strike yang dihadirkan UOB dan Visa, nasabah yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak berkesempatan untuk datang langsung ke ajang sepak bola terbesar di seluruh dunia tersebut. 

Sudah ada dua pemenang yang terpilih dalam program ini untuk berangkat langsung ke Qatar, yaitu William Thamrin dan Michael Sundjojo.