<p>Ilustrasi poster startup weekend Indonesia / Dok. Startup weekend</p>

Generasi Muda Ingin Bikin Perusahaan Rintisan? Yuk Ikutan Startup Weekend Indonesia Next Gen

  • Para peserta bisa mulai mendaftar di laman nextgen.startupweekend.id yang sudah bisa diakses saat ini juga.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Platform global investasi dan inovasi Techstar bersama komunitas KUMPUL menyelenggarakan kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen. Keduanya membuat program yang akan berlangsung selama 54 jam untuk membangun startup pada enam fokus sektor yakni kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan.

Kegiatan ini dapat diikuti oleh ribuan orang dengan rentang usia 18-25 tahun. Diadakan oleh lebih dari 30 Universitas dan lebih dari 30 acara selama bulan September hingga Oktober 2020. Selama 54 jam membentuk dan mewujudkan ide startup yang didampingi oleh mentor-mentor terbaik di Tanah Air.

Kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen akan diawali Orientation Day pada hari Kamis 1 Oktober 2020 dengan opening speech and keynote dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim serta Menteri Riset dan Teknologi /Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro.

Para peserta bisa mulai mendaftar di laman nextgen.startupweekend.id yang sudah bisa diakses saat ini juga. Sementara Startup Weekend Indonesia Next Gen akan diadakan pada tanggal 9 – 11 Oktober 2020 mendatang.

Hari pertama akan ada pembentukan tim dan ide dari peserta. Hari kedua akan berlangsung sesi dari pembicara, mentoring serta pembentukan startup. Lalu di hari ketiga akan dilakukan pelatihan presentasi dan menunjukkan pekerjaan mereka kepada juri. Startup terbaik akan dipilih untuk Demo Day serta 3 startup terbaik akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan.

Startup Weekend Indonesia sendiri merupakan program giving-back dari akselerator asal Amerika Serikat, Techstars sejak tahun 2007. Perusahaan ini telah menjadi biggest entry point bagi para local preneurs untuk membangun startup.

Selain itu, kegiatan ini telah diorganisir oleh komunitas dan hampir 70.000 peserta di 120 negara di seluruh dunia setiap tahunnya. Di Indonesia, KUMPUL bersama Tehcstarts sudah lebih dari 50 kali melakukan program ini bersama lebih dari 100 komunitas di seluruh Indonesia.

Dukungan untuk Startup Weekend Indonesia merupakan salah satu cara terbaik untuk mendukung komunitas lokal dan terhubung dengan early stage businesses.

Ilustrasi startup terbesar di dunia 2020 / Istimewa

Potensi Anak Muda Indonesia

Anak muda Indonesia adalah potensi yang besar bagi keberlangsungan bangsa ini. Dari data tahun 2019 oleh World Economic Forum, 36% anak muda dan 88% Gen Z di Indonesia ingin menjadi entrepreneur. Angka tersebut merupakan persentase tertinggi di Asia Tenggara.

Sebanyak 34% anak muda Indonesia juga sudah memulai usahanya sendiri, namun rasio entrepreneur Indonesia yang sebesar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang, masih di bawah capaian negara tetangga, seperti Singapura yang saat ini sudah mencapai angka 7%, dan Malaysia yang berada di level 5%. Padahal untuk menjadi negara maju dibutuhkan lebih dari 14% jumlah pelaku entrepreneur dari total populasi penduduknya.

KUMPUL sebagai wadah pembangun ekosistem entrepreneur di Indonesia. Organisasi ini melihat diperlukannya sebuah program pemberdayaan dan bimbingan berkualitas bagi para potensi muda yang punya semangat merealisasikan ide mereka untuk mengisi gap kewirausahaan Tanah Air.

Oleh sebab itu, KUMPUL mendukung semangat anak muda untuk menyalurkan semangat kewirausahaan mereka menjadi hasil nyata dan berkualitas melalui program Startup Weekend Indonesia Next Gen ini. (SKO)