Gedung Bank CIMB Niaga di kawasan Sudirman, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Finansial

Genjot KPR, CIMB Niaga (BNGA) Luncurkan Pengajuan Secara Online

  • PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga terus melakukan inovasi digital, salah satunya dengan meluncurkan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang dapat diajukan secara online.

Finansial

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga terus melakukan inovasi digital, salah satunya dengan meluncurkan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang dapat diajukan secara online.  

Inovasi KPR XTRA Online Form CIMB Niaga secara nyata memudahkan para nasabah, sehingga pengajuan akan kebutuhan rumah dapat dilakukan dari mana saja tanpa bertemu sales hanya diakses melalui link https://apply.cimbniaga.co.id/kpr/form 

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan CIMB Niaga memahami aspirasi nasabah di era digital yang semakin mengharapkan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan aktivitas perbankan, termasuk KPR.

“Kami melakukan terobosan untuk mempercepat proses KPR, di mana hanya dalam 30 menit, nasabah bisa mendapatkan kepastian persetujuan prinsip dari pengajuan KPR secara online dengan hanya melampirkan KTP, NPWP, dan data penghasilan,” kata Noviady sapaan akrabnya di Jakarta dikutip dari siaran pers, Jumat 15 September 2023. 

Noviady menjelaskan, CIMB Niaga terus mengoptimalkan pengembangan teknologi dengan digitalisasi akses layanan pengajuan KPR melalui Online Form. Pasalnya, dengan sistem tersebut perseroan dapat memenuhi kebutuhan nasabah lebih cepat baik untuk pembiayaan Properti Baru/Bekas, Refinancing, maupun Take Over.

“Proses KPR menjadi lebih cepat dan transparan di mana nasabah bisa memonitor status proses pengajuan KPR melalui email nasabah yang didaftarkan ke Bank,” ungkap Noviady. 

Selain bagi nasabah, Noviady mengatakan partners developer, property agent, dan semua stakeholders yang berkecimpung dalam KPR juga mendapatkan kemudahan dalam mereferensikan KPR melalui inovasi digital CIMB Niaga. 

Ia mengatakan, pengembang hingga agen properti itu tidak perlu bingung mencari kontak sales atau cabang pemprosesan. Mereka cukup mengarahkan customers-nya untuk apply KPR secara online. 

Setelah itu, tinggal melakukan persetujuan prinsip yang dikirimkan ke nasabah sudah menginformasikan Relationship Manager/Sales yang ditunjuk untuk membantu proses pengajuan KPR.

Seiring dengan peluncuran inovasi pengajuan online tersebut, CIMB Niaga pun menebar beragam promo KPR. Nasabah berkesempatan mendapatkan diskon biaya admin/provisi, dan bebas biaya/cashback biaya appraisal. 

Di samping itu, KPR CIMB Niaga juga memberikan bunga/ujrah fixed berjenjang hingga 15 tahun mulai dari 4,30% fixed 1-3 tahun, 7,60% fixed tahun ke-4 hingga ke-6, 9,60% fixed tahun ke-7 hingga ke-9, 10,6% fixed tahun ke-10 hingga ke-15, selanjutnya floating cap 10,6%.

Kinerja CIMB Niaga 2023

Pada semester I-2023, CIMB Niaga telah menyalurkan kredit dan pembiayaan syariah secara keseluruhan Rp205,07 triliun atau naik 8,11% year-on-year (yoy) secara tahunan.Tak hanya itu, aset bank berkode emiten BNGA itu juga naik 6,01% yoy menjadi Rp329,68 triliun. 

Bank CIMB Niaga yang identik dengan warna merah menyala itu, mampu meraup laba bersih konsolidasi sebesar Rp3,26 triliun atau naik 27,34% yoy dibandingkan laba bersih periode yang sama tahun lalu Rp2,56 triliun. 

Sementara itu, kata Noviady, dengan inovasi pengajuan KPR secara online itu, diharapakan mampu meningkatkan transaksi KPR 20 persen dari biasanya. Tercatat, pada semester I/2023, kredit perumahan atau mortagage CIMB Niaga telah mencapai Rp42,3 triliun atau tumbuh 4,8 persen secara tahunan.