Matahari terbenam di balik cerobong asap kilang minyak Total Grandpuits, tenggara Paris (Reuters/Christian Hartmann)
Energi

Genjot Produksi Migas, PetroChina Buka Opsi Tambah Lapangan Baru

  • PetroChina International Jabung Ltd. membuka opsi menambah aset lapangan minyak dan gas baru demi mengerek produksi migas di tahun 2024.
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PetroChina International Jabung Ltd. membuka opsi menambah aset lapangan minyak dan gas baru demi mengerek produksi migas di tahun 2024.

Reservoar Engineering Manager PetroChina, Wicaksono mengungkapkan, pihaknya memang tengah mengevaluasi blok-blok migas baru yang dilelang oleh Kementerian ESDM.

"Ke depan PetroChina ingin memiliki tambahan blok-blok baru namun saat ini kami Tengah mengarah evaluasi dan mendiskusikan lebih lanjut untuk menggenjot tambahan blok-blok tersebut," katanya kepada media dikutip pada Jumat, 22 Maret 2024.

Baca Juga: Petrochina International Jabung LTD Lakukan Tajak Sumur Eksplorasi NEB BASEMENT-3

Wicaksono mengatakan pihaknya siap mengembankan blok migas baik di darat (onshore) maupun di tengah laut (offshore), dari timur hingga barat Indonesia. Ia juga memastikan pihaknya siap mengembangkan potensi migas yang ada selama memiliki akses untuk eksplorasi dan memiliki cadangan migas yang signifikan.

PetroChina menargetkan sejumlah kegiatan antara lain pengeboran 9 sumur pengembangan, 23 sumur workover atau kerja ulang dan 194 perawatan sumur atau well services. Kemudian program pengeboran 2 sumur eksplorasi, adapun 1 sumur eksplorasi telah dimulai pada akhir tahun 2023 dan akuisisi seismik 3D dan 2D.

Baca Juga: PetroChina Siapkan Blok Jabung Usai Dapat Kontrak Cost Recovery

Sekadar informasi,saat ini produksi migas PetroChina berada di kisaran 53.500 barel oil equivalent per day (BOEPD). Pada 2024, produksi yang dicanangkan dalam work plan and budget (WP&B) sebesar 15.100 BOPD dan gas sebanyak 165,71 million standard cubic feet per day (MMSFCD).

Tercatat, hingga 31 Desember 2023, produksi kumulatif Blok Jabung mencapai 423 juta barel oil equivalent (BOE) yang terdiri dari minyak sebesar 97,06 juta BOE, kondensat sebesar 61,25 juta BOE, LPG sebesar 112,37 juta BOE dan gas sales sebesar 152,48 juta BOE.

Wicaksono juga menjabarkan jika hingga Februari 2024 PetroChina telah merealisasikan aktivitas well rig-up untuk program eksplorasi di sumur NEB Base-3, tajak sumur pengembangan di Gemah-74 dan sedang berlangsung di Gemah-77.