<p>Nasabah melakukan transaksi di counter kantor cabang Bank Mandiri, Plaza Mandiri, Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Genjot Segmen Wholesale, Bank Mandiri Optimalisasi Layanan Kopra By Mandiri

  • JAKARTA - Emiten pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi bank pertama yang menggenjot kredit segmen wholesale melalui channel digital. Emiten bersandi
Industri
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA - Emiten pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi bank pertama yang menggenjot kredit segmen wholesale melalui channel digital. Emiten bersandi BMRI ini mengandalkan layanan Kopra By Mandiri sebagai saluran kredit wholesale secara digital.

Direktur Treasury & International Banking BMRI Panji Irawan mengatakan Kopra By Mandiri menghadirkan single access platform sehingga dapat menjadi solusi holistik nasabah wholesale yang biasanya berasal dari grup usaha.  

“Kopra by Mandiri membuat nasabah lebih praktis dan holistik dalam menjalankan aktivitas finansial dan pemantauan transaksi keuangan di Bank Mandiri, efisien dan mudah mengakses informasi produk di Bank Mandiri, serta memberikan kemudahan kontrol, alokasi dan monitoring funding, serta lending di level entitas maupun grup usaha,”  ungkap Panji dalam keterangan tertulis, Kamis, 7 Oktober 2021.

Emiten pelat merah ini, secara bank only, membidik pertumbuhan kredit bisa menyentuh 6%-7% year on year (yoy). Panji bilang kehadiran platform digital ini sejalan dengan meningkatnya permintaan kredit sehingga bisa menjadi momentum tepat untuk mengerek pertumbuhan kredit.

Kopra by Mandiri diklaim Panji sebagai pionir wholesale super platform di industri perbankan nasional yang menawarkan agregasi layanan digital untuk pelaku bisnis yang terbagi dalam tiga varian, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership.

Kopra Portal merupakan single access portal untuk memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam mengakses layanan portal digital existing, seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Mandiri Financial Supply Chain Management (MFSCM), Mandiri Global Trade (MGT), Mandiri e-FX, Mandiri Smart Account (MSA), dan Mandiri Online Custody.

Konsep kedua yang diusung adalah Kopra Host to Host. Varian ini menekankan solusi Host-to-Host berbasis Application Programming Interface (API) atau teknologi komunikasi antar-sistem bank dan nasabah. Varian ini memudahkan nasabah dalam melakukan inisiasi, otorisasi, dan kontrol transaksi melalui sistem nasabah yang terhubung langsung dengan sistem bank untuk berbagai jenis model bisnis yang mereka miliki. 

Terakhir, ada Kopra Partnership yang mendukung nasabah untuk perluasan akses keuangan melalui partnership atau kemitraan dengan pihak-pihak di luar Bank Mandiri, yang memiliki kapabilitas sebagai business enabler pendukung layanan keuangan yang ada di pasar.

Konsep sinergi ini akan meningkatkan kemampuan bank dalam memberikan solusi yang tepat, efisien, dan terintegrasi serta membantu pertumbuhan bisnis bagi ceruk pasar atau nasabah yang sangat spesifik sampai dengan ekosistem hilir value chain yang didominasi nasabah segmen Small & Medium Enterprises.