VP Investor Relationship Garuda Harsya Denny Suryo mewakili penerimaan trofi penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.
Korporasi

Genjot Valuasi Lewat Komitmen Keberlanjutan, Garuda Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

  • Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 kategori Transportation dengan predikat Action dianugerahkan kepada Garuda atas komitmen perusahaan maskapai penerbangan ini dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG).
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) meraih penghargaan di ajang TrenAsia ESG Award 2023 atas upaya perseroan dalam menggenjot valuasi melalui komitmen keberlanjutan.

Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 kategori Transportation dengan predikat Action dianugerahkan kepada Garuda atas komitmen perusahaan maskapai penerbangan ini dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG).

Trofi penghargaan diterima oleh VP Investor Relationship Garuda Harsya Denny Suryo dalam acara Awarding Night TrenAsia ESG Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Harsya mengatakan, ESG sendiri merupakan aspek yang dipandang Garuda sangat penting sekali, termasuk dalam kaitannya dengan investasi.

ESG ini dikatakan Harsya telah menjadi tren di pasar modal yang menjadi acuan bagi para investor untuk menaruh investasi di emiten tertentu, dan penerapan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik akan lebih memungkinkan investor untuk mengalirkan dananya.

"Kalau dulu kita melihat valuasi itu adalah lewat paparan yang bagus dalam kinerja keuangan maupun operasi, tapi sekarang sudah melebihi itu," kata Harsya seusai ia menerima trofi penghargaan di acara Awarding Night TrenAsia ESG Award 2023.

Merujuk Suistainability Report Garuda Indonesia 2022, perseroan telah menyalurkan dana melalui Pendanaan UMK binaan sebesar Rp42 miliar. Alokasi terbanyak di sektor pertanian sebesar Rp15,34 miliar dan terendah di sektor perkebunan sebesar Rp623 juta.  

Bagi Garuda Indonesia, masyarakat merupakan salah satu pemangku kepentingan utama yang harus disejahterahkan termasuk para pengusaha UMK. Hal ini diharapakan supaya tercipta sinergi yang nantinya dapat membantu keberlangsungan perseroan di masa depan.

Program Pendanaan UMK (PUMK) serta bantuan atau kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Garuda Indonesia diatur melalui Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-6/MBU/09/2022 tentang perubahan atas Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-05/Mbu/04/2021 Tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Sejak 2012 Garuda Indonesia telah melaksanakan program TJSL yang diwujudkan secara konsisten melalui pendanaan PUMK serta bantuan atau kegiatan lainnya, yang dikemas melalui konsep “Garuda Indonesia Peduli”.

Garuda Indonesia Peduli adalah komitmen pelaksanaan tanggung jawab sosial yang dirancang untuk mendukung perkembangan masyarakat dan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Adapun program-program yang dijalankan disinergikan dengan program pemerintah, dan institusi lainnya baik domestik maupun internasional pada bidang ekonomi, sosial dan lingkungan secara konsisten dan berkesinambungan.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya. Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.