Jeff Bezos CEO Amazon
Dunia

Daftar 10 Orang Terkaya Dunia, Jeff Bezos Salip Elon Musk

  • Jeff Bezos telah menggeser posisi Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia, menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Ini terjadi setelah harga saham Tesla anjlok 7,2% pada 4 Maret, membuat Musk kehilangan posisinya di puncak daftar.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Jeff Bezos telah menggeser posisi Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia, menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Ini terjadi setelah harga saham Tesla anjlok 7,2% pada 4 Maret, membuat Musk kehilangan posisinya di puncak daftar.

Ini merupakan kali pertama dalam lebih dari sembilan bulan bahwa Musk tidak lagi menjadi orang terkaya di dunia. Menurut Bloomberg, kekayaan bersih Bezos pada Senin mencapai US$200 miliar, melebihi kekayaan Musk sebesar US$198 miliar dan kekayaan Arnault sebesar US$197 miliar.

Kekayaan Musk telah mengalami penurunan sebesar US$31 miliar, sedangkan kekayaan Bezos telah meningkat sebesar US$23,4 miliar. Ini menandai pertama kalinya sejak tahun 2021 bahwa Bezos, pendiri Amazon.com, menduduki peringkat teratas sebagai orang terkaya versi Bloomberg.

Perbedaan kekayaan antara Musk dan Bezos, yang pada satu titik mencapai US$142 miliar, telah menyusut karena arah pergerakan saham Amazon dan Tesla yang berlawanan.

Meskipun keduanya termasuk dalam saham Magnificent Seven yang telah menggerakkan pasar saham AS, saham Amazon telah mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat sejak akhir tahun 2022 dan mendekati rekor tertingginya.

Sementara itu, saham Tesla telah turun sekitar 50% dari puncaknya pada tahun 2021. Pada 4 Maret, saham Tesla mengalami penurunan setelah data awal menunjukkan penurunan pengiriman dari pabriknya di Shanghai ke level terendah dalam lebih dari setahun, sementara saham Amazon menunjukkan pertumbuhan penjualan online terbaiknya sejak awal pandemi.

Kekayaan Musk mungkin semakin terpuruk setelah seorang hakim di Delaware membatalkan paket gajinya sebesar US$55 miliar di Tesla, di mana dia menjabat sebagai kepala eksekutif.

Sebelumnya, Musk berhasil meraih gelar orang terkaya di dunia pada Mei 2023, mengalahkan CEO LVMH, Bernard Arnault, yang mengelola bisnis barang mewah dengan merek-merek terkenal seperti Louis Vuitton, Dior, dan Celine.

Selama berbulan-bulan, Musk, Arnault, dan Bezos telah bersaing memperebutkan gelar orang terkaya di dunia. Arnault akhirnya berhasil mendapatkan gelar tersebut karena kekayaannya meningkat berkat lonjakan penjualan barang mewah yang turut meningkatkan harga saham LVMH.

Penghargaan orang terkaya di dunia ini terus berpindah-pindah setiap bulannya. Salah satu faktor penentunya adalah kinerja pasar dan fluktuasi harga saham perusahaan.

Tentang Jeff Bezos

Dilansir dari Forbes, Jeff Bezos mendirikan raksasa e-commerce Amazon pada tahun 1994 dari garasinya di Seattle. Bezos mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif pada tahun 2021. Dia memiliki sedikit kurang dari 10% dari perusahaan.

Dia dan istrinya MacKenzie bercerai pada 2019 setelah 25 tahun menikah dan dia mengalihkan seperempat dari 16% saham Amazon miliknya saat itu kepadanya. Bezos menyumbangkan saham senilai lebih dari US$400 juta kepada organisasi nirlaba pada tahun 2022, meskipun tidak jelas organisasi mana yang menerima saham tersebut.

Selain itu, dia memiliki The Washington Post dan Blue Origin, sebuah perusahaan kedirgantaraan yang mengembangkan roket, dia terbang sebentar ke luar angkasa pada Juli 2021.

Berikut Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia

1. Jeff Bezos US$200 miliar

2. Elon Musk US$198 miliar

3. Bernard Arnault US$197 miliar

4. Mark Zuckerberg US$179 miliar

5. Bill Gates US$150 miliar

6. Steve Ballmer US$143 miliar

7. Warren Buffett US$133 miliar

8. Larry Ellison US$129 miliar

9. Larry Page US$122 miliar

10. Sergey Brin US$116 miliar