Laga Semifinal Piala Dunia 2022 Argentina vs Krosia Bakal Berlangsung Ketat dan Seru
Gaya Hidup

Gila, Harga Jersi Lionel Messi Tembus Rp120 Juta!

  • Empat hari setelah Lionel Messi dkk menaklukkan pasukan Didier Deschamps, saham perusahaan asal Herzogenaurach, Bavaria, sempat mencapai harga 129,36 euro
Gaya Hidup
Andi Reza Rohadian

Andi Reza Rohadian

Author

Harga saham produsen peralatan olah raga Adidas yang sempat loyo selama berlangsungnya Piala Dunia 2022, langsung berotot setelah kesebelasan Argentina berhasil menjadi juara dunia untuk ketiga kali. Empat hari setelah Lionel Messi dkk menaklukkan pasukan Didier Deschamps, saham perusahaan asal Herzogenaurach, Bavaria, sempat mencapai harga 129,36 euro.  

Sekadar informasi, dua bulan sebelum gelaran pesta bola terakbar saham si tiga setrip melorot 9,91% ke 103,34 euro per saham di bursa Eropa. Penyebabnya tak lain melemahnya pasar China dan Eropa, serta celotehan bernada rasis dari sang brand ambassador Kanye West.    

Kemenangan Tim Tango bahkan diikuti dengan ludesnya jersi bernomor 10 bernama Lionel Messi dari semua toko di seluruh dunia. Tak peduli ukurannya --dari ukuran small sampai triple xl, untuk pria maupun wanita. Ludes tak bersisa.

Argentina memang tak ubahnya batu permata bagi Adidas. Tak ada kostum tim nasional lain yang mampu menyamai penjualan jersi skuad asuhan Lionel Scaloni.

Kosongnya stok jersi La Albiceleste (putih dan biru langit) memicu masuknya barang palsu. AFA (Asosiasi Sepakbola Argentina) menjadi sasaran protes. “Itu urusannya Adidas. Kami tidak bisa apa-apa,” cetus juru bicara AFA. Adidas sendiri menyatakan mustahil meningkatkan produksi dalam semalam untuk mengisi kekosongan.  

Dalam kondisi seperti itu, jelas berlaku hukum alam. Barangsiapa yang tidak sabar memiliki replika jersi Lionel Messi harus rela merogoh kocek dalam-dalam. Di situs StockX, fans Argentina harus menebus sehelai jersi asli seharga US$798. Lebih mahal lagi harga yang tercantum  di eBay: US$1299. 

Mau yang dibubuhi tanda tangan si pemilik gelar pemain terbaik dunia? Ada. Syaratnya siapkan uang sebanyak US$8.000 atau setara dengan Rp120 juta (asumsi kurs: Rp15.000 per dolar Amerika Serikat). Sinting. Dalam kondisi normal selembar jersi otentik hanya dijual US$200.

Singkat kata, saat ini apa pun yang berkaitan dengan Argentina dan Messi bisa dimanfaatkan untuk mengeruk cuan. Bahkan celotehan Messi terhadap pemain Belanda, Wout Weghorst, saat diwawancara media setelah Argentina menyisihkan De Oranje lewat adu penalti di babak perempat final, pun siap dikomersilkan oleh Adidas. 

“Apa kamu lihat-lihat, dasar bodoh?” bakal dicetak di kaos, mugs, sweater, ransel dan keset.  

Seorang pemilik toko di Singapura yakin, demam Argentina dan Messi masih akan berlanjut selama enam bulan hingga satu tahun pasca Piala Dunia Qatar.