<p>Ilustrasi iPhone 12 yang akan dirilis pada Oktober 2020. / Istimewa</p>

Gila..!! Jelang Rilis iPhone 12, Kapitalisisasi Pasar Apple Tembus Rp29 Kuadriliun

  • Perusahaan teknologi raksasa dunia, Apple Inc berhasil mencatatkan kapitalisasi pasar sebesar US$2 triliun pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 waktu setempat. Hal ini sekaligus menjadikannya emiten pertama dengan market cap sebasar itu.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Perusahaan teknologi raksasa dunia, Apple Inc., berhasil mencatatkan kapitalisasi pasar sebesar US$2 triliun setara Rp29 kuadriliun (kurs Rp14.900 per dolar Amerika Serikat) pada Rabu, 19 Agustus 2020 waktu setempat. Hal ini sekaligus menjadikannya emiten pertama dengan market capitalization sebesar itu.

Seperti dilansir Reuters, Kamis 20 Agustus, saham perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini sempat naik hingga US$468,65 per lembar atau setara dengan kapitalisasi pasar sebesar US$2,004 triliun. Apple hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk mendapatkan nilai kapitalisasi dua kali lipat dari sebelumnya.

Dengan begitu, Apple menjadi perusahaan publik AS pertama dengan nilai valuasi saham tertinggi sepanjang sejarah. Pada akhir Juli lalu, Apple telah menggeser posisi perusahaan minyak Saudi Aramco sebagai perusahaan paling bernilai di dunia.

Meskipun dihantam oleh adanya pandemi COVID-19, saham Apple tetap naik sekitar 57% di tahun ini. Sedangkan, pada tahun sebelumnya saham Apple telah meningkat lebih dari 120%.

Rilis iPhone 12

Reli tersebut mencerminkan kepercayaan investor yang tumbuh dalam pergeseran Apple ke arah yang tidak terlalu mengandalkan penjualan iPhone. Perusahaan ini justru lebih banyak fokus pada berbagai layanan bagi penggunanya

Saat ini Apple telah menyumbang hampir 7% dari total nilai pasar S&P 500. Kapitalisasi pasarnya hampir sama dengan nilai gabungan dari 200 perusahaan terkecil S&P 500. Namun beberapa analis menduga bahwa pergerakan saham Apple ini dinilai akan terlalu tinggi.

Sementara, dua perusahaan teknologi raksasa lainnya, Microsoft dan Amazon membuntuti posisi Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Nilai kapitalisasi kedua perusahaan tersebut masing-masing sekitar US$1,6 triliun. Lalu di posisi selanjutnya, ada Alphabet Inc, pemilik Google dengan nilai lebih dari US$1 triliun.

Rencananya, Apple bakal merilis empat seri ponsel teranyar iPhone 12 pada Oktober 2020. Apple meluncurkan empat model iPhone 12 dengan prediksi harga kompetitif yang agresif dengan detail harga iPhone 12 US$649 (setara dengan Rp9,5 juta), iPhone 12 Max US$749 (Rp11 juta), iPhone 12 Pro US$999 (Rp14,5 juta), dan iPhone 12 Pro Max US$1.099 (Rp16 juta). (SKO)