Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin (Foto: Setkab)
Nasional

Giliran Ma'ruf Amin Undang Cawapres Makan Siang

  • Berdasarkan informasi dari Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi, agenda tersebut rencananya digelar usai Wapres melakukan kunjungan kerja di Jambi.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin direncanakan mengundang tiga bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk jamuan makan siang bersama. Namun waktu penyelenggaraannya belum diketahui pasti. 

Berdasarkan informasi dari Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi, agenda tersebut rencananya digelar usai Wapres melakukan kunjungan kerja di Jambi. “Direncanakan berlangsung Hari Rabu,” ujar Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Senin 30 Oktober 2023. 

Dirinya tidak memberkan lebih detail lagi soal jamuan makan siang itu. Adapun informasi lainnya telah dibeberkan oleh Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo seusai makan siang dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka bersama Capres lainnya.

“Kalo tidak salah besok ada undangan Cawapres akan bertemu Wapres,” ujar Ganjar di Istana Merdeka, Senin 30 Oktober 2023. Meski demikian Ganjar mengaku tidak tahu soal waktu dan masih mengkomunikasikannya. Adapun Cawapres yang bakal diundang yaitu Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Jokowi sebelumnya telah menggelar makan siang bersama tiga calon presiden (capres) di Istana Merdeka, Senin 30 Oktober 2023. Ketiga capres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto menghadiri undangan tersebut. 

Mereka duduk di depan meja yang melingkar sehingga dapat berhadapan satu sama lain. Jamuan yang berlangsung sekitar pukul 12.30 WIB itu menyajikan beragam hidangan seperti lontong, rendang, ayam rolade, ayam kecap, tahu masak bacem hingga jus jeruk. 

Pada kesempatan itu, Presiden bersama ketiga capres kompak mengenakan pakaian batik. Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian batik putih bercorak biru, Ia duduk diapit Ganjar Pranowo yang berpakaian batik merah dan Prabowo Subianto yang berbatik coklat.

Tepat berhadapan langsung di depan presiden, duduk Anies Baswedan yang mengenakan pakaian batik berwarna coklat tua. Dalam makan siang tersebut, Anies menyampaikan harapan pada Presiden agar menjaga netralitas dalam Pilpres. 

“Menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan pada seluruh aparat untuk menjaga netralitas di dalam pilpres,” ujar capres dari Koalisi Perubahan itu seusai makan siang bersama Jokowi. 

Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden atas jamuan makan siangnya. “Terima kasih diundang, kalau nggak diundang kita jarang bisa ngumpul,” ujar Prabowo. Capres dari Koalisi Indonesi Maju ini mengatakan Presiden Jokowi berharap Pilpres 2024 dapat dilakukan dalam suasana yang kondusif.

Adapun Ganjar Pranowo menyebut Presiden Jokowi sebagai orang baik. “Insya Allah akan mendukung sistem demokrasi yang baik,” ujar capres dari Koalisi PDI Perjuangan itu. Ia juga berpesan untuk menjaga pemilu berjalan dengan damai dan fair.