Ilustrasi PHK massal oleh perusahan raksasa teknologi dunia.
Nasional

Giliran Raksasa Teknologi IBM yang Bakal PHK 3.900 Karyawan

  • Kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal kembali dilakukan raksasa teknologi dunia, kali ini giliran IBM yang mengumumkan rencana PHK terhadap ribuan karyawannya pada 25 Januari 2023.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal kembali dilakukan raksasa teknologi dunia, kali ini giliran IBM yang mengumumkan rencana PHK terhadap ribuan karyawannya pada 25 Januari 2023.

Dalam pengumuman yang disampaikan, IBM diketahui akan melakukan PHK terhadap sebanyak 3.900 karyawan sebagai imbas dari menurunnya target kas perusahaan di kuartal keempat tahun 2022 lalu.

Mengutip Reuters, aksi korporasi yang bakal dilakukan IBM dengan melakukan spin-off terhadap anak usahanya yakni Kyndryl turut disebut jadi penyebab dari adanya keputusan PHK yang berdampak kepada ribuan pekerja.

"PHK terkait dengan spin-off bisnis Kyndryl (KD.N) dan bagian dari unit AI Watson Health yang akan menyebabkan biaya US$300 juta pada periode Januari-Maret," tulis Reuters dikutip pada Kamis, 26 Januari 2023.

Meski begitu, Direktur Keuangan IBM James Kavanaugh menyampaikan kepada Reuters bahwa pihaknya tetap berkomitmen untuk melakukan rekrutmen yang diperuntukan dalam penelitian dan pengembangan IBM.

"(Kami) berkomitmen untuk merekrut untuk penelitian dan pengembangan yang dihadapi klien," katanya diktutip dari Reuters.

Tren badai pemutusan hubungan kerja atau PHK oleh para perusahaan raksasa di bidang teknologi dunia nyatanya memang masih belum usai. Di awal 2023, terdapat beberapa nama besar yang turut mengambil langkah PHK sebagai solusi dalam menghadapi kondisi ekonomi dunia yang kian sulit.

Sebelum IBM, induk perusahaan dari Google, Alphabet serta Microsoft telah lebih dahulu mengambil langkah PHK yang berdampak terhadap lebih dari 10.000 ribu karyawan di awal tahun 2023 ini.

Selain yang disebutkan, terdapat raksasa teknologi lainnya yang turut melakukan PHK secara massal. Beberapa di antaranya yakni Amazon, Salesforce, Wayfair, Picasa hingga Spotify pada bulan yang sama.