<p>Ilustrasi  / Telkomsel.com</p>
Industri

Giliran Telkom Buka Suara Terkait Kebocoran Data Denny Siregar

  • Pegiat media sosial Denny Siregar melalui cuitannya meminta operator Telkomsel menjelaskan perihal data pribadinya yang diduga bocor dan disiarkan di media sosial. Denny akan menggugat Telkomsel ke pengadilan jika tidak ada penjelasan.

Industri
Issa Almawadi

Issa Almawadi

Author

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. buka suara terkait bocornya data pegiat media sosial Denny Siregar oleh oknum pegawai PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).

VP Corporate Finance & Investor Relations Telkom Andi Setiawan menyampaikan, kejadian sesungguhnya adalah penyebaran data pelanggan yang tidak diotorisasi oleh satu oknum tenaga alih daya customer service di GraPARI Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.

Andi menegaskan, Telkomsel memastikan tidak ada pembobolan sistem maupun peretasan yang dilakukan. “Sehingga kami memastikan bahwa data pelanggan Telkomsel lainnya tetap aman. Saat ini, kami percayakan kelanjutan penyelidikan kasus ke apparat penegak hukum,” tulis Andi melalui keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, Kamis, 16 Juli 2020.

Atas kejadian itu, Andi bilang, Telkomsel akan melakukan penyempurnaan, perbaikan, serta pengembangan sistem operasional kerja secara menyeluruh. Mulai dari sistem perlindungan dan keamanan data pelanggan, serta memperketat prosedur kewenangan akses ke seluruh sistem operasional.

“Pemilihan petugas layanan pun akan diperketat dengan melihat kualitas, baik secara kompetensi maupun perilaku dan integritas,” imbuh Andi.

Andi juga mengungkapkan, kegiatan operasional Telkomsel masih berjalan normal dan tidak berpengaruh terhadap kasus tersebut. Begitu pula dari sisi keuangan. Andi menyebut, tidak ada dampak signifikan dari kejadian yang menyorot sistem keamanan data pelanggan Telkomsel.

“Kami akan tetap fokus terhadap perlidungan dan keamanan data pribadi yang tersimpan di sistem layanan kami,” tegas Andi.

Untuk itu, Telkomsel mengajak masyarakat dan pelanggannnya untuk berperan aktif dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, terutama saat melakukan transaksi layanan.

Data Bocor

Seperti diketahui, Pegiat media sosial Denny Siregar melalui cuitannya meminta operator Telkomsel menjelaskan perihal data pribadinya yang diduga bocor dan disiarkan di media sosial. Denny akan menggugat Telkomsel ke pengadilan jika tidak ada penjelasan.

Vice President Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin mengatakan perseroan tetap memprioritaskan perlindungan data pelanggan sebagai prioritas paling utama. “Bagi Telkomsel, perlindungan data pelanggan selalu menjadi prioritas yang paling utama,” katanya dalam keterangan resmi.

Menurut Denny, Telkomsel senantiasa memastikan keamanan data dan kenyamanan seluruh pelanggan dalam berkomunikasi. Telkomsel juga siap bekerja sama untuk membantu serta berkoordinasi dengan pihak berwajib atau aparat hukum jika terjadi dugaan peretasan data pelanggan pada sistem. “Kami akan memprosesnya seuai hukum yang berlaku,” tegasnya. (SKO)