<p>Gletser antartika/NASA</p>

‘Gletser Kiamat’ Semakin Mengancam

  • WASHINGTON-Gletser Thwaites dan Pine Island di sepanjang pantai Laut Amundsen Antartika sudah diawasi dan disebut bertanggung jawab atas lima persen kenaikan permukaan laut global. Kini para ilmuwan berpikir bahwa mereka dapat mengalami perubahan yang lebih dramatis dalam waktu dekat. Gletser Thwaites, yang dikenal sebagai ‘Doomsday Glacier’  atau ‘Gletser Kiamat’ telah menimbulkan kekhawatiran.  Penelitian telah menunjukkan […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

WASHINGTON-Gletser Thwaites dan Pine Island di sepanjang pantai Laut Amundsen Antartika sudah diawasi dan disebut bertanggung jawab atas lima persen kenaikan permukaan laut global. Kini para ilmuwan berpikir bahwa mereka dapat mengalami perubahan yang lebih dramatis dalam waktu dekat.

Gletser Thwaites, yang dikenal sebagai ‘Doomsday Glacier’  atau ‘Gletser Kiamat’ telah menimbulkan kekhawatiran.  Penelitian telah menunjukkan gletser mencair dengan kecepatan yang semakin tinggi dengan efek yang berpotensi bencana.

David Holland, Profesor Matematika dan Atmosfer Universitas New York dan anggota International Thwaites Glacier Collaboration mengatakan Ini adalah perubahan besar dan berpotensi melakukan  penulisan ulang garis pantai. Gletser di Antartika barat yang kira-kira seukuran Inggris Raya diperkirakan menyusut sekitar setengah mil (800 meter) setahun, dan akan melepaskan semua esnya antara 200 dan 600 tahun.

Peristiwa itu bisa menaikkan permukaan laut hingga 2 kaki (0,5m), tetapi itu bukan satu-satunya perhatian. Gletser tersebut saat ini bertindak sebagai penyangga antara laut yang hangat dan gletser lainnya hingga  keruntuhannya penuh akan memunculkan bencana.

Massa es di sekitarnya di Antartika barat dapat ikut turun menaikkan permukaan laut hampir 10 kaki (3 meter) dan secara permanen menenggelamkan banyak daerah pesisir termasuk bagian dari Kota New York, Miami, dan Belanda.

Penelitian yang diterbitkan minggu lalu di jurnal The Cryosphere berjudul, “Deep channels link ocean to Antarctic glacier” mengungkapkan bahwa arus laut yang hangat mungkin menggerogoti bagian bawah Gletser Thwaites.

Menurut para peneliti dari International Thwaites Glacier Collaboration, yang mengumpulkan data dari gletser dan lapisan es Dotson dan Crosson yang berdampingan antara Januari dan Maret 2019, saluran di bawah Gletser Thwaites mungkin menjadi jalur bagi air laut hangat untuk mencairkan es dari bawah. ke atas.

Studi lain yang diterbitkan pada 14 September di Proceedings of the National Academy of Sciences, menggunakan citra satelit untuk memperbesar bagian Gletser Thwaites dan Gletser Pulau Pinus di sekitarnya pecah lebih cepat daripada yang diyakini sebelumnya.

Batas Gletser

Penelitian berjudul “Damage accelerates ice shelf instability and mass loss in Amundsen Sea Embayment”  menemukan bahwa batas geser pada dua gletser telah melemah dan pecah, berpotensi memungkinkan es mengalir ke laut.

Batas geser adalah bagian di mana es gletser yang bergerak cepat bertemu dengan es yang bergerak lebih lambat. “Sejalan dengan itu, peleburan semakin cepat,” kata Stef Lhermitte, pakar satelit di Delft University of Technology di Belanda yang memimpin penelitian didampingi oleh rekan-rekan dari NASA dan pusat penelitian di Prancis, Belgia, Austria, dan Belanda.

Studi ini menawarkan gambar sebelum dan sesudah yang diambil dari luar angkasa yang tidak hanya mengungkapkan apa yang terjadi pada gletser, tetapi memungkinkan ilmuwan untuk meramalkan bagaimana mereka akan berkurang.

“Apa yang ditunjukkan satelit kepada kita adalah gletser yang terlepas pada lapisannya,” kata Ted Scambos, seorang ilmuwan peneliti senior di Universitas Colorado.

Dalam skala yang lebih luas, lapisan es Antartika mencair enam kali lebih cepat daripada tahun 1980-an, kehilangan 252 miliar ton per tahun, naik dari 40 miliar ton per tahun 40 tahun lalu. Para ilmuwan memperkirakan bahwa permukaan laut akan naik hingga 200 kaki (60 meter) jika semua lapisan es Antartika mencair.