<p>PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo / Dok. MNC Bank</p>
Perbankan

Global Mediacom (BMTR) Borong Saham Bank MNC (BABP) Senilai Rp240 Miliar

  • Dalam informasi yang dihimpun melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), terungkap bahwa BMTR berhasil mengamankan sebanyak 3.213.293.333 lembar saham BABP pada 4 Januari 2024. Jumlah tersebut setara dengan 7,23% dari total saham yang diterbitkan oleh BABP.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Global Mediacom Tbk (BMTR) memborong saham PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dengan total nilai transaksi sebesar Rp240,99 miliar.

Dalam informasi yang dihimpun melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), terungkap bahwa BMTR berhasil mengamankan sebanyak 3.213.293.333 lembar saham BABP pada 4 Januari 2024. Jumlah tersebut setara dengan 7,23% dari total saham yang diterbitkan oleh BABP.

Transaksi ini menjadi langkah strategis pertama bagi BMTR dalam memiliki kepemilikan saham di BABP, mengingat sebelumnya perusahaan ini belum memiliki saham dari entitas perbankan tersebut. 

Melalui transaksi ini, BMTR menggelontorkan dana sebesar Rp240,99 miliar. Harga perlembar saham BABP yang dibeli oleh BMTR tercatat sebesar Rp75.

Christophorus Taufik Siswandi, Corporate Secretary BMTR, menyampaikan bahwa tujuan dari aksi ini adalah sebagai bagian dari strategi investasi dengan kepemilikan saham langsung.

Sebelumnya, BABP berhasil menghimpun dana melalui penambahan modal dengan skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) senilai Rp1,01 triliun. 

Dalam rangka aksi korporasi ini, perseroan memutuskan untuk menerbitkan sebanyak 28,57% saham baru dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

Menurut prospektusnya, BABP berencana menerbitkan hingga 13,5 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp75 perlembar. 

Langkah ini diharapkan dapat mengumpulkan dana sebesar Rp 1,01 triliun. Perlu diketahui bahwa PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), selaku pemegang saham pengendali, tidak akan menjalankan haknya dalam HMETD kali ini. 

Kinerja Saham

Menurut pantauan RTI Business, Selasa, 9 Januari 2024 pukul 11.30 WIB, saham BMTR menempati harga Rp264 perlembar dengan penyusutan 0,75% sejak awal pembukaan perdagangan.

Secara year-to-date (YTD), saham BMTR tercatat menurun 1,49%. Dalam kurun setahun terakhir, saham BMTR mengalami penyusutan sebesar 7,04%. 

Sementara itu, saham BABP diperdagangkan di posisi Rp61 perlembar alias bergerak stagnan sejak awal pembukaan perdagangan.

Secara YTD, saham BABP tercatat menguat sebesar 1,67%. Dalam rentang setahun terakhir, saham BABP mengalami penurunan hingga 41,35%.