Peluncuran Moka Prime, perangkat keras kasir digital yang diluncurkan oleh GoTo Financial, Senin, 15 Januari 2024.
Fintech

GoTo Financial Luncurkan Hardware Moka Prime untuk Dukung Aktivitas UMKM

  • Peluncuran ini menandai terobosan baru bagi perusahaan teknologi aplikasi ini karena Moka Prime merupakan produk hardware pertama yang diluncurkan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Melalui GoTo Financial, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini meluncurkan Moka Prime, sebuah perangkat kasir digital yang bertujuan untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menjalankan operasional bisnis mereka. 

Peluncuran ini menandai terobosan baru bagi perusahaan teknologi aplikasi ini karena Moka Prime merupakan produk hardware pertama yang diluncurkan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Haryanto Tanjo, Head of Merchant Services GoTo Financial, menyatakan bahwa pihaknya ini telah sering meluncurkan perangkat lunak atau aplikasi. 

Namun, Moka Prime menandai langkah baru dengan melibatkan perangkat keras. Menurutnya, peluncuran Moka Prime pada awal tahun 2024 merupakan hal yang sangat membanggakan bagi perusahaan.

“Ini merupakan terobosan baru, di mana kita meluncurkan hardware kami yang pertama,” ujar Haryanto dalam acara peluncuran Moka Prime di Jakarta, Senin, 15 Januari 2024. 

Moka sendiri didirikan pada tahun 2015 dengan fokus pada UMKM yang masih menjalankan bisnis secara tradisional dan memiliki akses terbatas terhadap teknologi. 

Banyak UMKM yang menghabiskan waktu untuk kegiatan administratif seperti pencatatan, pelaporan, dan pengecekan inventaris. 

Moka hadir sebagai aplikasi kasir digital (point of sale) untuk membantu UMKM mengelola operasional harian mereka sehingga mereka dapat lebih fokus pada peningkatan layanan dan pengembangan usaha.

Seiring berjalannya waktu, Moka berkembang menjadi solusi lengkap bagi usaha offline, mencakup solusi operasional seperti order taking dan table management, hingga solusi administratif seperti inventory management dan discounting

Haryanto menegaskan komitmen perusahaan untuk terus mendengarkan umpan balik dari para merchant yang menggunakan perangkat kasir Moka.

 Salah satu umpan balik yang diakomodasi adalah kebutuhan akan aplikasi kasir yang canggih, profesional, dan dapat diandalkan. Moka Prime, sebagai produk terbaru, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Haryanto menjelaskan bahwa Moka Prime memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, tampilan outlet menjadi lebih profesional dan premium. 

Sebagian besar merchant Moka saat ini menggunakan tablet yang sebenarnya dirancang untuk penggunaan pribadi, bukan bisnis. Moka Prime hadir sebagai solusi yang lebih profesional, dengan desain premium yang dapat meningkatkan citra meja kasir merchant.

Keunggulan kedua Moka Prime adalah penyediaan dual touchscreen yang menghadap ke kasir dan pelanggan. 

Layar yang menghadap kasir memiliki ukuran 14,1 inci, lebih besar dari rata-rata tablet yang digunakan merchant Moka. Layar yang lebih besar ini memudahkan kasir dalam memasukkan pesanan ke dalam aplikasi.

Sementara itu, layar yang menghadap pelanggan dilengkapi dengan tiga fitur inovatif. Pertama, merchant dapat melakukan upselling dengan menampilkan menu dan promo ketika pelanggan mengantri. 

Kedua, pelanggan dapat membayar langsung dengan QRIS Dynamic untuk mempercepat proses pembayaran. Ketiga, terdapat feedback interaktif berbentuk emoji senang dan sedih yang dapat menjadi bahan masukan bagi pemilik usaha terkait tingkat kepuasan pelanggan, evaluasi kinerja karyawan, dan peningkatan kualitas layanan.

Keunggulan terakhir yang disoroti adalah Moka Prime dilengkapi dengan memory dan gigabyte (GB) serta processor quad-core yang mendukung dual touchscreen untuk responsif dalam memasukkan input ke perangkat kasir. 

“Dari segi fungsi, perangkat kasir Moka Prime dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan, sekaligus mempermudah pekerjaan kasir dan meminimalisir kesalahan dalam proses transaksi. Yang tidak kalah penting, Moka Prime menawarkan desain yang premium, membuat tampilan meja kasir menjadi semakin berkelas,” papar Haryanto.

Moka Prime juga memiliki built-in battery dan slot SIM card, mendukung fitur offline untuk mengatasi gangguan listrik atau internet. Pihak perusahaan memberikan garansi selama 12 bulan kepada pembeli perangkat kasir ini.

Mengenai harga, Moka Prime dijual seharga Rp8,9 juta. Namun, ada penawaran khusus hingga akhir bulan Januari 2024, di mana pembeli dapat memperolehnya dengan harga Rp8 juta.Top of Form