CEO Electrum Jack Yang memperkenalkan motor listrik H5 sekaligus menjelaskan perkembangan teknologi pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital di Jakarta. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

GoTo Suntik Produsen Motor Listrik Electrum Rp45 Miliar

  • Pinjaman bertenor lima tahun tersebut memiliki bunga 10,95% per tahun
Transportasi dan Logistik
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui anak usahanya, PT Rekan Anak Bangsa (RAB) mengucurkan pinjaman senilai Rp45 miliar kepada PT Energi Kreasi Bersama (EKB) alias produsen motor listrik Electrum.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, pinjaman bertenor lima tahun tersebut memiliki bunga 10,95% per tahun. Dikatakan, pinjaman ini akan digunakan EKB untuk operasional dan belanja modal.

“Hal tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ekosistem kendaraan listrik secara optimal di Indonesia,” tulis manajemen GOTO, dikutip Kamis 23 November 2023.

Untuk diketahui, EKB merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara GOTO dengan PT TBS Energy Utama Tbk (TOBA) pada 2021. GOTO melalui RAB tercatat memiliki saham EKB sebesar 78.500 lembar atau setara dengan 50% dari total modal ditempatkan dan disetor.

Garis afiliasi EKB dengan GoTo juga tercermin dari kesamaan anggota dewan komisaris yaitu Andre Soelistyo. Saat ini, Andre menjabat sebagai komisaris GOTO sekaligus wakil komisaris utama EKB.

Pabrik Electrum

Pada Juni 2023, Electrum melakukan groundbreaking pabrik motor listrik di Kawasan GIIC Cikarang. Menggandeng PT Pertamina (Persero), Greenland International Industrial Center (GIIC), dan PT Surganya Motor Indonesia (Planet Ban), Electrum menyiapkan dana investasi sebesar Rp15 triliun untuk mengoperasikan pabrik perakitan sepeda motor listrik selama empat tahun.

Pabrik ini ditargetkan untuk rampung sekitar 12 sampai 15 bulan lagi semenjak groundbreaking. Selain untuk perakitan, pabrik juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian, dan pengembangan, serta trek pengujian.

Pembangunan pabrik berwawasan lingkungan dengank konsep green factory yang akan dilengkapi dengan energy management system, waste management system, dan water treatment.