fomo, smartphone, ponsel, hp, media sosial
Tekno

Google Akan Perkenalkan Fitur Baru, Hentikan Penjahat Siber Mengintip Ponsel Anda

  • Simak penjelasan mengenai fitur keamanan dari Google yang diklaim mampu menghentikan penjahat dunia maya mengintip ponsel Anda.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Google dilaporkan sedang berencana memperkenalkan fitur baru. Fitur baru tersebut kabarnya diklaim mampu menghentikan pelaku ancaman atau penjahat dunia maya untuk mengintip ponsel Anda.

Dalam upaya untuk mengatasi adanya kejahatan di dunia maya, Google Message dikabarkan sedang menguji fitur yang dapat membatasi kemampuan untuk berbagi layar, mencegah siapapun mengintip smartphone Android Anda.

Perlu Anda ketahui, Messages sendiri adalah platform perpesanan resmi Google yang menggunakan teknologi Rich Communication Services (RCS) untuk mengirim dan menerima SMS serta MMS. Untuk menjaga keterlibatan pengguna, Google terus memperkenalkan fitur-fitur baru secara rutin.

Bulan lalu Google menghadirkan fitur forward yang memungkinkan pengguna mengirimkan satu pesan ke beberapa kontak secara bersamaan tanpa perlu mengirimkannya berulang kali ke kontak tersebut. Kini, mereka juga memperkenalkan fitur-fitur keamanan utama yang dapat mencegah pelaku kejahatan mengintip ponsel Anda.

Pembaruan Google Messages

Pembaruan Google Messages

Menurut laporan dari TheSpAndroid, fitur baru tersebut terlihat di Google Messages yang akan memblokir akses aplikasi ketika fitur berbagi layar diaktifkan. Jika ada upaya untuk berbagi layar, maka akan muncul pemberitahuan yang menyatakan ‘You're sharing your screen with someone - If you don't know this person, stop sharing immediately”.

Saat berbagi layar aktif, menu pop-up tersebut tidak akan dapat ditutup. Sesuai dengan laporan, pengguna harus berhenti berbagi layar atau screen sharing terlebih dahulu sebelum mengakses Google Messages. 

Namun, notifikasi tersebut diketahui tidak terpengaruh dan akan muncul seperti biasa meski fitur berbagi layar telah diaktifkan. Laporan tersebut lebih lanjut mengungkapkan bahwa orang yang melihat fitur tersebut dapat membuka notifikasi yang pada gilirannya dapat membuka seluruh percakapan, dapat menggagalkan tujuan dari fitur keamanan yang diberikan oleh Google Messages tersebut.

Fitur Lain dari Google 

Sebelumnya, pada bulan Agustus Google dilaporkan berencana untuk menghadirkan SMS SOS berbasis satelit ke aplikasi perpesanannya. Jika diperkenalkan maka diperkirakan fitur ini akan tersedia di lebih dari 150 negara. Hal ini akan memberikan persaingan yang ketat terhadap SMS SOS berbasis satelit milik Apple karena hanya menjangkau di beberapa wilayah saja. Fitur SMS satelit tersebut kabarnya akan tersedia di Google Messages bekerja sama dengan merek perangkat wearable, Garmin yang berbasis di Amerika Serikat.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur keamanan dari Google yang diklaim mampu menghentikan penjahat dunia maya mengintip ponsel Anda.