Google menampilkan angklung sebagai Google Doodle pada hari ini Rabu, 16 November 2022
Tekno

Google Doodle Bergetar, Rayakan Hari Angklung Dunia

  • Google menampilkan angklung sebagai Google Doodle pada hari ini Rabu, 16 November 2022.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

BANDAR LAMPUNG - Google menampilkan angklung sebagai Google Doodle pada hari ini Rabu, 16 November, 2022. Ditampilkannya angklung pada ikon mesin pencarian hari ini dilakukan sebagai perayaan hari angklung sedunia.

Pada tampilan Google Doodle hari ini,  tampak 6 orang pria dan wanita yang sedang menggetarkan angklung secara bergantian. Jika pengguna klik pada gambar Doodle tersebut, pengguna akan diarahkan ke pencarian dengan kata kunci Angklung.

Sebagai informasi, alat musik bambu asal Indonesia ini secara resmi dinobatkan sebagai benda Warisan Dunia oleh UNESCO pada hari ini 12 tahun lalu, atau tepatnya pada 2010.

Angklung sendiri biasanya terdiri dari dua bagian tabung dan satu bagian alas. Pengrajin angklung memotong bambu menjadi tabung dengan ukuran berbeda, yang menentukan nada angklung.

Saat seorang pemain menggoyangkan atau mengetuk pangkal bambu dengan lembut, instrumen tersebut menghasilkan satu nada. 

Dikarenakan angklung hanya memainkan satu nada, pemain alat musik ini harus bekerja sama untuk menciptakan melodi dengan menggoyangkan angklung mereka pada nada yang berbeda.

Lebih lanjut, tampilan Google Doodle dapat berbeda di tiap wilayah. Doodle angklung sendiri hanya ditampilkan di wilayah Indonesia, Thailand, dan Inggris (UK). Doodle yang ditampilkan dalam halaman pencarian bisa diklik oleh pengguna untuk memberikan informasi terkait Doodle yang ditampilkan.

Beberapa Doodle bahkan memuat permainan yang bisa dimainkan oleh pengguna, bahkan terkadang terdapat papan skor untuk berkompetisi dengan pengguna lain.

Tambahan lain, Google Doodle sendiri  merupakan logo atau tampilan yang diberikan Google pada beranda halaman pencarian. Doodle biasanya muncul ketika suatu wilayah sedeng memperingati hal-hal tertentu seperti mengenang sejumlah tokoh, merayakan hari libur, atau hari besar seperti hari angklung sedunia ini.