Google Luncurkan Shopping Insights, Mudahkan Pengguna Cari Barang Diskon!
Tekno

Google Luncurkan Shopping Insights, Mudahkan Pengguna Cari Barang Diskon!

  • Google luncurkan fitur Google Insight bantu pengguna cari barang diskon dan belanja dengan harga murah. Tertarik menggunakannya?

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Jelang musim liburan tentu banyak orang yang mulai mencari berbagai ide hadiah atau ingin berbelanja untuk mempersiapkan liburan. Tidak mengherankan jika banyak pengguna yang mulai memburu berbagai kode diskon di berbagai e-commerce atau online shop.

Melihat perilaku para pengguna internet apalagi menjelang masa liburan tiba, Google ikut meluncurkan fitur baru yaitu Shopping Insights. FItur Shopping Insights baru ini akan memberikan kode diskon, insight soal harga, dan informasi lainnya kepada pengguna.

Tab Shopping di Google kini juga akan lebih berguna bagi para pengguna karena bisa memperoleh produk yang tepat sekaligus diskon dan penawaran yang besar.

Fitur Google Shopping Insights

Fitur Google Shopping Insights

Seperti yang dilansir Trenasia dari postingan blog Google pada Rabu, 8 November 2023, Google diketahui telah mengintegrasikan fitur belanja baru ke dalam Chrome dan Search. Pengguna Google versi desktop kini bisa melihat Shopping Insights di bilah alamat Chrome ketika mengunjungi suatu situs web ritel belanja apapun.

Fitur belanja ini mencakup berbagai opsi pelacakan harga dan diskon yang mungkin menarik pembeli untuk melakukan pembelanjaan sekaligus menghemat banyak uang. Selain itu, fitur Google Insights juga berisi beberapa kemudahan seperti berikut ini.

Menemukan Produk dengan Mudah

Google memberikan fitur ‘New Deals Destination’ di Google Search yang memudahkan pengguna menemukan produk obral dari seluruh website e-commerce, semuanya hanya di satu tempat.

Di halaman tersebut, Anda dapat mengetahui berbagai promosi dan penurunan harga produk seperti pakaian, barang elektronik, mainan, dan produk kecantikan. Selain itu, penawaran ini bisa berasal dari berbagai pedagang termasuk toko besar, merek langsung ke konsumen, produk label desainer, dan toko lokal. Anda bisa menelusuri berbagai produk yang ditampilkan secara carousel berdasarkan kategori. 

Periksa Diskon Lewat Chrome

Chrome kini secara proaktif dapat mencarikan kode diskon untuk membantu Anda menghemat uang saat berbelanja. Ketika Anda membuka tab baru di Chrome pada desktop, Anda akan mendapatkan produk yang baru-baru ini Anda lihat di situs belanja di card ‘Resume Browsing’ dan akan memberitahu Anda jika ada promosi atau diskon aktif yang tersedia.

Selain itu, ketika Anda mengunjungi halaman produk di e-commerce, Anda dapat mengklik ikon tag Discount di bilah alamat Chrome untuk melihat apakah ada kode kupon yang tersedia dari situs yang Anda kunjungi.

Lihat Analisis Harga di Chrome

Biasanya, orang-orang cenderung bingung ketika akan membeli sesuatu, apakah harga barang tersebut akan turun saat mereka membelinya atau tidak. Oleh karena itu, Google membantu mengatasi kesulitan ini dengan menghadirkan fitur analisis harga yang sekarang sudah tersedia di Search.

Lacak Harga di Banyak Tempat

Google mempermudah pengguna untuk mengetahui penawaran apa saja yang tersedia sehingga Anda bisa berbelanja dengan hemat dan cerdas. Selain itu, Anda juga dapat mengklik ikon lonceng di samping nama produk untuk menerima email dan push notification jika harga produk tersebut turun dari retailer di seluruh website.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur Google Insights di Google sekaligus keuntungan yang bisa diakses oleh pengguna. Tertarik menggunakannya?