Google Perluas Fitur Car Crash Detection ke Lima Negara Baru, Bantu Selamatkan Nyawa Pengguna
Tekno

Google Perluas Fitur Car Crash Detection ke Lima Negara Baru, Bantu Selamatkan Nyawa Pengguna

  • Fitur Car Cras Detection akan ditambahkan oleh Google melalui ponsel Google Pixel ke lima negara tambahan. Oleh karena itu total negara yang memperoleh fitur Car Crash Detection sekarang bertambah menjadi 20 negara.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Google tampaknya komitmen terhadap fitur keselamatan pada perangkat Pixel-nya. Salah satu fitur yang menonjol adalah Car Crash Detection, yang dikabarkan membuat beberapa merek ponsel lain ikut menirunya.

Fitur Car Crash Detection di Google Pixel ini bekerja dengan menggunakan sensor perangkat untuk mendeteksi apakah terdapat potensi kecelakaan mobil, dan jika diaktifkan dapat menghubungi layanan darurat jika Anda tidak dapat melakukannya.

Fitur Car Crash Detection Google Pixel Diperluas ke Lima Negara 

Fitur Car Crash Detection Google Pixel diperluas ke lima negara 

Meski canggih dan mampu mengetahui adanya potensi kecelakaan mobil, fitur Car Crash Detection ini sebetulnya memiliki keterbatasan. Layanan ini masih terbatas untuk perbedaan bahasa dan wilayah.

Akan tetapi, baru-baru ini Google memperbarui halaman dukungannya dan mengungkapkan bahwa fitur Car Crash Detection telah diperluas ke lima negara tambahan, sehingga totalnya sekarang bertambah menjadi 20 negara. Negara-negara yang mendapatkan fitur Car Crash Detection adalah Austria, Belgia, India, Portugal, dan Swiss.

Meski begitu, tampaknya masih terdapat kendala dukungan bahasa. Meski India kini menjadi bagian dari negara yang didukung oleh fitur Google Pixel ini, bahasa Hindi yang sebetulnya bahasa yang paling banyak digunakan di negara tersebut justru tidak termasuk. Hal ini merupakan kelemahan yang signifikan bagi pengguna yang sebagian besar menggunakan bahasa Hindi.

Namun, menariknya Google telah merevisi halaman dukungan mereka, dengan pengecualian pada beberapa perangkat. Awalnya, dinyatakan bahwa fitur Car Crash Detection ini hanya tersedia di perangkat Pixel 3 dan yang lebih baru. 

Akan tetapi, sekarang fitur tersebut hanya terbatas pada Pixel 4a dan lebih baru saja termasuk Fold. Perubahan ini menunjukkan bahwa dukungan regional tidak akan diperluas ke perangkat Pixel yang lebih lama.

Apa Itu Fitur Car Crash Detection?

Perlu diketahui bahwa fitur Car Crash Detection ini adalah fitur keselamatan yang sangat penting untuk menyelamatkan nyawa pengguna dan saat ini tersedia di ponsel Google Pixel. Meski fitur Car Crash Detection ini belum tersedia secara universal, Google tetap berupaya untuk memperluasnya ke negara-negara baru, dengan menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan keselamatan pengguna.

Namun, kebutuhan akan dukungan bahasa yang lebih luas dan pengecualian perangkat lama dari ketersediaan fitur menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk diperbaiki. Pengguna di negara-negara tambahan yang telah didukung oleh fitur Car Crash Detection ini juga bisa memanfaatkan fitur yang berpotensi menyelamatkan nyawa tersebut di ponsel Pixel mereka.

Itu tadi penjelasan mengenai upaya Google Pixel memperluas fitur Car Crash Detection ke lima negara tambahan untuk mewujudkan komitmen mereka menyelamatkan nyawa pengguna.