<p>Sumber: Google Station</p>
Nasional & Dunia

Google Station, “Wifi Gratis” yang Akan Diputus Google pada Akhir Tahun 2020

  • JAKARTA – Kemudahan akses internet menjadi salah satu alasan dari pihak Google untuk memutus program Google Station atau “Wifi Gratis” di Indonesia pada akhir tahun 2020. Namun, tidak hanya di Indonesia, penutupan ini juga akan diberlakukan di negara-negara berkembang lainnya, seperti India, Meksiko, Thailand, dan Nigeria. Hal itu diungkapkan oleh Jason Tedjasukmana, Head of Corporate […]

Nasional & Dunia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Kemudahan akses internet menjadi salah satu alasan dari pihak Google untuk memutus program Google Station atau “Wifi Gratis” di Indonesia pada akhir tahun 2020.

Namun, tidak hanya di Indonesia, penutupan ini juga akan diberlakukan di negara-negara berkembang lainnya, seperti India, Meksiko, Thailand, dan Nigeria.

Hal itu diungkapkan oleh Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020). Ia menjelaskan bahwa perubahan teknologi dan murahnya harga paket data internet menjadi alasan pertimbangan tersendiri.

“Di India, misalnya, semenjak Google Station dibuat tahun 2016, harga data sudah turun 95 persen. Saya enggak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini harga datanya juga turun,” jelasnya.

Di Indonesia, Google Station pertama kali dijalankan pada tahun 2017 melalui kerja sama dengan ISP local CBN dan FiberStar dalam menyediakan area WiFi gratis untuk publik. Dengan mengelola kualitas jaringan, kedua ISP tersebut menyediakan kabel untuk keperluan akses internet nonberbayar.

Dalam penyebarannya, layanan tersebut dihadirkan di sekitar 400 lokasi di Indonesia dengan tujuan untuk menjembatani masyarakat yang tidak bisa menikmati koneksi internet yang baik. Google mayakini layanan ini bisa memberikan koneksi internet yang stabil dan cepat, setidaknya tidak terjadi buffering saat mengakses konten video.

Menurut laporan Google dalam situs resminya, elemen utama Google Station tidak hanya memberikan akses internet gratis, tetapi juga sebagai alat monetisasi jaringan Wi-Fi pulik yang dipasang partner di toko mereka.

Dengan mengintegrasikan inventaris iklan premium, tim penjualan iklan Google dapat menampilkan iklan brand global teratas yang relevan dengan minat pelanngan.

Partner yang ingin memasang Google Station, ditawarkan iklan berbasis brand dan konversi dalam berbagai format digital. Mereka juga disediakan API untuk menampilkan status layanan, analisis cerdas, dan notifikasi agar partner dapat mempertahankan jaringan dengan fitur software yang sudah digunakan.

Di samping itu, partner juga akan mendapat insight terkait konsumen yang menggunakan jaringan Wi-Fi Google Station, seperti durasi, kualitas koneksi, banyaknya data yang digunakan, hingga laporan untuk setiap lokasi tertentu.