IMG_20240725_102923.jpg
Fintech

GOTO Luncurkan Gopay Merchant untuk UMKM, Cegah Transaksi Palsu Merajalela

  • QRIS dapat langsung bisa dipakai dalam 30 detik setelah pendaftaran lengkap dan langsung dipakai untuk menerima pembayaran di toko atau warung.

Fintech

Debrinata Rizky

JAKARTA - GoTo Financial, salah satu unit bisnis financial technology GoTo, meluncurkan aplikasi GoPay Merchant, yang digunakan untuk memberikan layanan keuangan  aman dan mudah bagi pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM.

Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo mengungkapkan, peluncuran aplikasi GoPay Merchant hadir dengan misi membantu UMKM mengelola keuangan usaha secara digital.

“Lewat aplikasi ini, kami menjawab tantangan pelaku UMKM sehingga mereka bisa dengan mudah dan cepat mendaftar QRIS untuk menerima pembayaran digital, bisa mencairkan uang mereka kapan saja, dan mencegah transaksi palsu.” katanya dalam acara peluncuran Gopay Merchant di Kantor Gojek pada Kamis,25 Juli 2024.

Haryanto menjelaskan aplikasi GoPay Merchant ini memiliki beragam keunggulan, pertama proses pendaftaran QRIS yang simpel dan cepat lewat aplikasi GoPay Merchant.

Di mana QRIS dapat langsung bisa dipakai dalam 30 detik setelah pendaftaran lengkap dan langsung dipakai untuk menerima pembayaran di toko atau warung. Proses pendaftaran QRIS ini merupakan yang tercepat di Indonesia.

Kedua, pemilik usaha bebas mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk pengaturan secara otomatis saat jam operasional toko tutup.

Dalam fitur pengaturan pencairan fleksibel ini merupakan yang pertama di Indonesia, memberikan solusi tepat bagi UMKM dengan perputaran uang yang cepat untuk menjaga kelangsungan usaha.

Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya.

Berdasarkan data dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), per Maret 2024, jumlah merchant yang sudah menggunakan QRIS sebanyak 31,6 juta. Pertumbuhannya meningkat 24,6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Terakhir Ketiga, merchant bisa berlangganan perangkat GoPay Spiker secara eksklusif melalui aplikasi ini. GoPay Spiker mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan.

Inovasi ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menawarkan tiga manfaat. Pertama, menghindari potensi terjadinya transaksi palsu, kedua, menghilangkan kekhawatiran adanya transaksi yang tidak sesuai nominal atau transaksi tidak langsung masuk ke rekening.

Fitur ini juga membantu merchant untuk dapat melayani pembeli dengan lebih cepat karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi.