Pekerja menyelesaikan pembuatan produk di kios sentra kerajinan berbahan rotan di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin, 13 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Fintech

Grab, Emtek, dan Bukalapak Blusukan ke Solo, Siap Godok 1.500 UMKM Go Digital

  • Tiga perusahaan raksasa digital yakni Grab, Emtek, dan Bukalapak meresmikan program akselerator Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan) di Solo, Jawa Tengah
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Tiga perusahaan raksasa digital yakni Grab, Emtek, dan Bukalapak meresmikan program akselerator Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan) di Solo, Jawa Tengah.

Program ini menargetkan lebih dari 1.500 pelaku UMKM untuk on boarding. Harapannya, UMKM yang bergabung dapat menjangkau jutaan konsumen Grab dan Bukalapak di seluruh Indonesia.

“Program ini dapat membantu UMKM untuk naik kelas melalui fasilitas digitalisasi,” kata Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming dilansir dari siaran pers, Jumat 24 Desember 2021.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, ketiga perusahaan siap bekerja sama dengan pemerintah Kota Surakarta untuk mengawal Solo menjadi Smart City melalui program #KotaMasaDepan. 

Program ini memberikan pendampingan dan pelatihan agar UMKM menjadi lebih kompetitif serta menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

Sebagai informasi, Kota Masa Depan merupakan sebuah program akselerator ekstensif yang menargetkan 10.000 UMKM. Program ini diselenggarakan secara bertahap hingga kuartal kedua 2022 di Kupang, Solo, Gowa, Malang, dan Pekanbaru.

Program ini berfokus pada tiga prioritas, yakni vaksinasi, adopsi platform digital (on boarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak). Serta pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

Sebanyak 54 UMKM yang terpilih akan mengikuti program akselerator dalam mengelola bisnis yang dimentori oleh Bukalapak dan Grab. Serta 3 UMKM terbaik akan mendapatkan publikasi melalui jaringan media Emtek.

Asal tahu saja, saat ini, lebih dari 10 ribu UMKM telah bergabung di ekosistem Grab.