<p>Pengemudi GrabFood melayani pemesanan makanan di salah satu Restoran Pilihan GrabFood. / Grab</p>
Nasional & Dunia

Grab Fasilitasi Ekonomi Kreatif yang Ekspansi ke Ranah Digital

  • Layanan digital menjadi solusi di tengah pandemi serta rencana penerapan kenormalan baru. Hal demikian mengakibatkan layanan digital menjadi primadona saat ini. Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan penggunaan internet menunjukkan peningkatan hingga 40%, sedangkan akses internet, yang biasanya didominasi oleh kawasan perkantoran, menjadi didominasi dari kawasan pemukiman. Sementara itu, Grab Indonesia telah menandatangani Nota […]

Nasional & Dunia
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Layanan digital menjadi solusi di tengah pandemi serta rencana penerapan kenormalan baru. Hal demikian mengakibatkan layanan digital menjadi primadona saat ini. Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan penggunaan internet menunjukkan peningkatan hingga 40%, sedangkan akses internet, yang biasanya didominasi oleh kawasan perkantoran, menjadi didominasi dari kawasan pemukiman.

Sementara itu, Grab Indonesia telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Adapun Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata secara virtual dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio serta mitra strategis lainnya.

Wishnutama menyebut bahwa peran digitalisasi semakin terakselerasi. Pemerintah juga telah meluncurkan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia melalui #BeliKreatifLokal.

“Dengan menggandeng mitra yang lebih banyak, seperti kerja sama dengan Grab Indonesia, akan semakin mengoptimalkan program dan memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas pelaku ekraf,” lanjut dia dalam keterangan resmi, Jumat, 29 Mei 2020.

Melalui kerja sama ini Grab akan mendukung gerakan tersebut, antara lain dengan pendampingan proses onboarding mitra-mitra UMKM ke layanan GrabFood dan GrabMart, skema kerja sama yang dikustomisasi untuk para mitra #BeliKreatifLokal yang terdaftar di GrabFood dan GrabMart, notifikasi khusus #BeliKreatifLokal di GrabFood untuk meningkatkan visibilitas mitra UMKM kepada pengguna, serta dukungan program pemasaran dan jalur komunikasi bagi mitra UMKM di layanan GrabFood dan GrabMart.

Sementara itu, Ridzki menambahkan, kerja sama tersebut sejalan dengan misi GrabForGood, yakni menciptakan inovasi dari teknologi digital melalui ekosistemnya untuk dapat memberi dampak positif.

“Selama masa pandemi, kami terus memperkuat layanan kami untuk dapat mendukung digitalisasi bisnis ekonomi kreatif agar dapat bertumbuh dan memberi layanan bagi masyarakat,” ujar dia.