<p>Kendaraan melintas di ruas tol Cikampek. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Infrastruktur

Gratis! Jakarta ke Bandung Bisa Lewat Tol Japek 2 Selatan saat Libur Nataru

  • Jasa Marga menyiapkan ruas fungsional Jakarta - Cikampek (Japek) 2 selatan sepanjang 8,5 kilometer (km).
Infrastruktur
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) 2 Selatan Segmen Sadang - Sukabungah akan dibuka secara situasional dan atas diskresi pihak kepolisian untuk arus balik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengungkapkan pihaknya tengah mempersiapkan jalan tol ini untuk beroperasi seacara fungsional.

"Hal yang perlu menjadi catatan adalah Jalan Tol Japek 2 Selatan ini dibuka secara situasional untuk periode arus balik Natal dan Tahun Baru, karena akses masuknya ada di Sadang, Jalan Tol Cipularang dari arah Bandung menuju Jakarta," ujar Lisye, Senin, 18 Desember 2023.

Lisye memaparkan Jasa Marga menyiapkan ruas fungsional Japek 2 selatan sepanjang 8,5 kilometer (km) mulai dari akses Sadang sampai dengan gerbang tol Kutanegara. Nantinya, pengguna jalan tol bisa masuk dari akses Sadang di Jalan Tol Cipularang dan keluar di Gerbang Tol Kutanegara.

Kemudian masuk ke jalan nasional Industri, lalu nanti bisa masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta - Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur atau Gerbang Tol Karawang Barat menuju ke Jakarta.

"Dengan demikian, nanti jalan tol ini disiapkan secara situasional saat arus balik Natal dan Tahun Baru," kata Lisye.

Dibukanya Tol Japek 2 Selatan secara situasional juga akan mempertimbangkan kondisi apabila terjadi kepadatan Jalan Tol Cipularang untuk sampai Gerbang Tol Kalihurip Utama (Kalitama). Selain itu, operasional tol ini untuk antisipasi terjadi kepadatan di Jalan Tol Jakarta - Cikampek baik dari arah Palimanan maupun arah Cikampek.

Lisye melanjutkan, karena Jalan Tol Japek 2 Selatan ini masih beroperasi fungsional, maka tidak ada pengguna jalan tol yang melintas tidak akan dikenakan tarif.

Adapun golongan kendaraan yang diizinkan melintas di Jalan Tol Japek 2 Selatan ini ketika dibuka secara situasional yakni kendaraan Golongan I non-bus.

Sebagai informasi, Jalan Tol Japek II Selatan menghubungkan Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat.