Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan arus balik selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.
Infrastruktur

Gratis! Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Dibuka untuk Libur Nataru

  • Ruas tol yang dibuka yakni untuk Tebing Tinggi - Sinaksak sepanjang 47,15 kilometer (km)
Infrastruktur
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan arus balik selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024. Adapun ruas yang dibuka yakni untuk Tebing Tinggi - Sinaksak sepanjang 47,15 kilometer (km)

PT Hutama Marga Waskita menyatakan jalan tol Tebing Tinggi - Sinaksak akan menjadi salah satu ruas yang akan mengurai kemacetan di jalan nasional dalam arus lalu lintas Nataru.

“Ruas tol akan dibuka 2 arah dengan memperhatikan situasi dan kondisi kepadatan arus kendaraan yang melintas di jalan nasional,” ujar Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin dalam keterangan resmi, Rabu, 27 Desember 2023.

Adapun kendaraan yang bisa melintas khusus yaitu kendaraan penumpang Golongan I (non bus) dengan jam operasional pada pagi hari pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB

Ruas Tebing Tinggi – Sinaksak akan mempermudah mobilitas pengendara dari arah Tebing Tinggi menuju Pematang Siantar yang semula memerlukan waktu 1,5 jam menjadi hanya 30 menit saja.

https://www.trenasia.com/kebut-pembangunan-infrastruktur-bank-mandiri-salurkan-kredit-kepada-supplier-subkontraktor-jmtm-rp-100-miliar

Sementara itu, jalan tol Tebing Tinggi – Indrapura sepanjang 28 km sudah secara resmi dioperasikan tanpa tarif semenjak 10 November 2023.x

Tarif Gratis

Selama dibuka secara fungsional, Ruas Tebing Tinggi – Sinaksak tidak dikenakan tarif Rp0 alias gratis. Namun pengendara yang keluar dan melakukan tapping di Gerbang Tol Dolok Merawan atau Gerbang Tol Sinaksak dikenakan tarif eksisting sampai dengan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (MKTT).

Hal itu dikarenakan pengendara dari arah Tol Medan raya yang akan menuju Dolok Merawan atau Sinaksak tidak melewati Gerbang Tol MKTT namun melalui Junction Tebing Tinggi yang akan langsung menuju Pematang Siantar.

Sedangkan pada Jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura yang sudah dioperasikan tanpa tarif, pengendara dari arah Tol Medan raya dapat melalui Jalan Tol MKTT dan menerus menuju Tebing Tinggi atau Indrapura juga tidak dikenakan tarif alias gratis dengan tanpa melakukan tapping pada gerbang tol atau free access.

Sejak dioperasikannya Gate Tol Tebing Tinggi – Indrapura pada 10 November 2023, Volume Lalu Lintas atau VLL saat ini telah dilintasi sebanyak 8.085 kendaraan. Jumlah tersebut diprediksi terus meningkat mengingat masa Libur Nataru 2024 semakin dekat.

Mengingat Ruas Tebing Tinggi – Sinaksak masih belum 100% selesai, pengguna jalan harus memperhatikan kecepatan maksimum kendaraan yang sudah ditentukan di ruas tol fungsional Tebing Tinggi – Sinaksak yakni 60 km/jam. Sedangkan pada Jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura yakni 80 km/jam.

"Kondisi di Ruas Tebing Tinggi – Sinaksak masih terdapat titik pekerjaan konstruksi dan perkerasan jalan, kami menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan rambu-rambu yang tersedia,” kata Dindin.